Ilustrasi/Botswanayouth
Health

Psikolog: Orang Tua Jangan Buat Akun Medsos Anak di Bawah Umur

Yoseph Pencawan
Rabu, 7 Maret 2018 - 02:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada anggapan bahwa penggunaan media sosial oleh anak-anak berusia 13 tahun ke bawah bisa mendatangkan beberapa manfaat, seperti sebagai sarana berinteraksi dengan individu lain, mengembangkan minat, mengerjakan tugas bareng atau mengekspose karya sendiri.

Kemudian si anak tetap bisa terhubung dengan teman dan keluarga yang jauh, dia juga bisa mengembangkan hubungan sosial yang baru dengan teman sebaya serta mempunyai kesempatan baru untuk belajar.

Namun bagi Psikolog Carla Adi Pramono, dirinya belum menemukan manfaat penggunaan media sosial bagi anak-anak berusia 13 tahun ke bawah.

"Pada masa lahir sampai balita, orang tua masih menjadi hal yang terpenting bagi anak, bukan pertemanan," ujarnya, Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, media sosial merupakan sarana untuk bersosialisasi, sedangkan pada usia 13 tahun ke bawah, anak-anak sudah mendapatkannya langsung dari diri orang tuanya dan individu lain di dalam keluarga atau mereka yang masih memiliki hubungan kekerabatan.

Namun dia juga melihat masih banyak orang tua di Indonesia yang memfasilitasi anaknya membuat, memiliki dan menggunakan media sosial.

Dia menyayangkan hal tersebut. Hal itu dinilainya tidak perlu dilakukan meskipun dengan alasan yang paling sederhana sekalipun seperti untuk membagikan foto atau hanya sebagai sarana untuk berpromosi.

Bila orang tua sangat menginginkan memiliki dan menggunakan media sosial, belum waktunya melibatkan anak mereka yang belum cukup umur.

Perkembangan anak-anak berusia 13 tahun ke bawah, jelasnya, masih pada seputar aspek motorik kasar dan motorik halus, sampai dengan pertengahan sekolah dasar.

Anak-anak pada usia tersebut justru harus lebih banyak berkegiatan secara aktif dibandingkan dengan memperhatikan newsfeed pada media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro