Pengunjung berada di salah satu stand pameran International Furniture Expo (IFEX) 2017 di Jakarta, Senin (13/3)./JIBI-Dwi Prasetya
Bisnis Style

HIMKI Laporkan Peningkatan Jumlah Peserta dan Pengunjung di IFEX 2018

Wike Dita Herlinda
Kamis, 15 Maret 2018 - 17:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — International Furniture Expo (IFEX) 2018 baru saja berakhir pada Senin (12/3/2018). Tahun ini, pergelaran tersebut berhasil menggaet lebih banyak pengunjung dan peserta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IFEX kali ini juga menghadirkan berbagai produk furnitur dan kerajinan unggulan dari berbagai produsen di Indonesia, serta berbagai program pendukung dan fasilitas bagi pengunjung, pembeli, dan peserta.

Tahun ini, areal luar ruangan yang dipergunakan untuk IFEX lebih luas karena bertambahnya jumlah peserta pameran di areal tersebut. Selain itu, jumlah peserta yang menggunakan konsep booth dengan dua lantai juga meningkat.

“Selain bertambahnya jumlah peserta di area outdoor, tahun ini kami juga khusus menghadirkan CRAFTNATION di Hall C3 yang menampilkan kerajinan unik dari berbagai daerah. Selain itu, kami juga tetap menghadirkan Hall of Excellence untuk produk-produk yang telah dikurasi oleh tim HIMKI,” ujar Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Soenoto pada Kamis (15/3/2018).

Kehadiran Hall of Excellence ini memudahkan para buyers untuk mencari produk incaran mereka, di luar produk-produk andalan lain terutama untuk para buyers yang baru pertama hadir ke ajang IFEX.

Tahun ini, untuk pertama kalinya IFEX menghadirkan mobile apps IFEX yang ditujukan untuk mempermudah pengunjung mendapatkan informasi mengenai pameran dan berbagai agenda harian.

Melalui aplikasi ini, para pengunjung juga bisa membuat janji temu dengan exhibitors. Ke depannya, pihak panitia akan menyempurnakan tampilan dan fitur pada mobile apps ini demi kenyamanan para peserta.

“Saat ini kami melihat belum banyak peserta yang mengetahui adanya mobile apps ini. Ke depannya kami berharap akan semakin banyak visitors dan buyers yang mendapatkan manfaat dari kehadiran mobile apps ini,” ujar Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IFEX tahun kelima ini kembali mendapatkan apresiasi positif dari parabuyers, visitors, dan exhibitors. Beberapa peserta menyatakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pada gelaran IFEX kali ini mereka bisa langsung mendapatkan transaksi dari buyers.

Pada tahun kelima ini, buyers sepertinya sudah mulai berhasil memetakan produsen dan produk-produk incaran mereka, sementara di tahun-tahun sebelumnya buyers hanya melakukan window shopping.

HIMKI selaku penyelenggara IFEX berharap tren positif ini akan terus berlanjut di luar pameran. “Menurut kami capaian pada IFEX tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Kami berharap hal ini tidak hanya berlangsung selama pameran tetapi terus berlanjut sepanjang tahun, bahkan terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya,” ujar Sekretaris Jenderal HIMKI, Abdul Sobur.

Tren positif ini tentu akan sangat berarti bagi upaya realisasi target ekspor pasar furnitur yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu sebesar US$5 miliar pada 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro