Pengidap tuberkulosis (TB)/tuberkulosis.org
Health

Kemenkes Targetkan Temuan Kasus Tuberkulosis 80%

Newswire
Rabu, 21 Maret 2018 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan mencapai 80 persen temuan kasus penyakit turbekulosis (TB) dari total jumlah penderita di Indonesia yang diperkirakan sebanyak 1.020.000 orang.

"Penemuan kasusnya kita upayakan 80 persen dari 1.020.000 kasus," kataDirektur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono di Jakarta, Rabu (21/3/2018).

Anung menyebut saat ini temuan kasus TB di Indonesia berkisar di angka 400-500 kasus yang telah diidentifikasi. Sementara estimasi penderita TB di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebanyak 1.020.000 orang.

Dari jumlah temuan kasus TB tersebut, sebanyak 300 ribu kasus tidak terlaporkan dan tercatat dengan sempurna sehingga menyulitkan untuk mengetahui penderita TB dengan jenis penyakit dan ketuntasan pengobatan.

Anung menerangkan Kementerian Kesehatan menargetkan 360 ribu temuan kasus TB di fasilitas kesehatan nonpemerintah untuk meningkatkan pencatatan dan perekaman kasus.

Kemenkes juga bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan seperti Fatayat NU, Muslimat NU, serta Aisyiyah untuk membantu menemukan kasus TB dengan mengenali melalui risiko-risiko yang ada.

Kemenkes juga mengupayakan skrining penyakit TB dengan menyasar calon jamaah umrah yang memeriksakan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan. Dari sejumlah temuan kasus yang ada saat ini, sebanyak 420 ribu penderita TB sudah menjalani pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro