Hamil/boldsky.com
Health

Ibu Hamil Perlu Perhatikan Asupan Gizi Ini

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 27 Maret 2018 - 10:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Saat sedang mengandung sangat dimaklumi jika Ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan. Namun, ibu hamil haruslah tetap mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang demi pertumbuhan janin yang sedang dikandungnya.

Desy Nur Arista, ahli gizi dari Slim Gourmet menjelaskan saat hamil terutama di semester awal kehamilan sangat wajar jika ibu hamil mengalami mual, muntah atau tidak suka akan bau-bau tertentu. Yang terpenting, ibu hamil harus tetap 'memaksakan' diri untuk mengonsumsi makanan makro gizi

"Gizi seimbang yang terdiri dari makro gizi [itu] seperti karbohidrat, protein, dan lemak, itu didapat dari makanan walau bagaimanapun [kondisinya] mengonsumsi makro gizi sangat penting bagi ibu hamil dan janinnya," ungkap Desy, begitu dia dipanggil, saat dihubungi Bisnis, Selasa (27/3/2018).

Selain itu, perempuan cantik ini juga mengatakan, ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat dan vitamin B serta mineral seperti kalsium, zat besi dan lainnya. Namun, perlu diperhatikan, bahwa ibu hamil harus terpenuhi zat gizinya dari asupan makanan terlebih dulu.

"Ibu hamil harus berusaha untuk memenuhi asupan zat gizinya dari makanan terlebih dahulu, jika mual, bisa disiasati dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi lebih sering, selain itu ibu hamil dapat 'menambal' kekurangan ataupun menambah kebutuhan gizinya dengan meminum susu ibu hamil," tambah Desy.

Akan tetapi, ada juga kasus di mana si ibu hamil tidak bisa mengonsumsi susu sapi atau alergi terhadap susu sapi. Desy menganjurkan untuk ibu hamil yang memiliki kondisi seperti itu, untuk mengonsumsi susu yang terbuat dari kacang-kacangan.

"Jika ibu hamil alergi terhadap susu sapi bisa mengonsumsi susu yang dibuat dari kacang-kacangan, semisal soya milk ataupun almond milk. Kandungan asam amino esensial-nya pun kalah dengan susu sapi," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro