Ilustrasi/Thefiscaltime
Relationship

Waspada, Kesepian Bikin Kinerja Pekerjaan Buruk

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 30 Maret 2018 - 16:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dibutuhkan lebih dari gaji tinggi untuk membuat karyawan senang dengan pekerjaan mereka.

Bahkan, menurut laporan terbaru dari Harvard Business Review, beberapa pekerjaan bergaji terbaik di Amerika juga dapat menyebabkan tingkat ketidakpuasan yang tinggi karena perasaan kesepian dan keterasingan.

Dalam sebuah survei terhadap lebih dari 1.600 pekerja, HBR menemukan hukum, teknik, dan sains untuk menjadi industri teratas di mana pekerja berada pada risiko terbesar kesepian.

Untuk beberapa, hasilnya tidak mengherankan. Sebuah studi UC Berkeley sebelumnya menunjukkan bahwa depresi memengaruhi hampir setengah mahasiswa.
Mantan Direktur Jenderal AS Vivek Murthy membahas tantangan kesepian yang sedang berkembang saat bekerja dalam esai untuk HBR tahun lalu. Hampir 40 persen orang

Amerika merasakan kesepian, dan Murthy menekankan konsekuensi mengabaikan masalah ini.

"Kesepian dan koneksi sosial yang lemah dikaitkan dengan penurunan usia hidup yang mirip dengan yang disebabkan oleh merokok 15 batang sehari dan bahkan lebih besar dari itu terkait dengan obesitas," tulisnya seperti dilansir cnbc.com.

"Tetapi kami belum memfokuskan hampir sama banyak upaya untuk memperkuat hubungan antara orang-orang seperti yang kita miliki dalam mengekang penggunaan tembakau atau obesitas."

Di tempat kerja, jika karyawan merasa terisolasi dan sendirian, hasil survei menunjukkan bahwa mereka lebih cenderung berkinerja buruk di pekerjaan, berhenti dari pekerjaan mereka dan merasa kurang puas dalam karir mereka. Ini dapat merugikan pengusaha US$3,5 miliar dalam produktivitas yang hilang.

Bagi banyak pekerja, kesepian terkait dengan kurangnya dukungan dan interaksi sosial. Untuk membantu, para ahli mengatakan pengusaha harus mencari cara untuk membuat pekerjaan terasa lebih berarti bagi setiap anggota staf.

Misalnya, daripada berfokus pada kemenangan atau pencapaian individu, pemimpin perusahaan harus merayakan seluruh tim dan menunjukkan bagaimana semua orang bekerja untuk mencapai tujuan bersama. Ketika merasa seperti mereka memiliki makna bersama, kemungkinan bagi seorang pekerja untuk mendapatkan kenaikan gaji dilaporkan meningkat sebesar 30 persen. Demikian pula, niat untuk meninggalkan pekerjaan turun hingga 24 persen.

Ahli karir dan pendiri program bimbingan Google Jenny Blake mengatakan bahwa jika Anda ingin mencapai kebahagiaan di tempat kerja, maka Anda dapat memulai dengan meluangkan waktu untuk percakapan satu lawan satu dengan kolega dan atasan Anda, atau dengan mengadakan pertemuan lanjutan untuk setiap tugas yang Anda tugaskan.

Dia juga menambahkan bahwa berbagi anekdot pribadi yang sesuai untuk kantor dapat berjalan jauh ketika membina koneksi ini.

Tetapi jika mengajukan upaya ini masih membuat Anda merasa kesepian, maka mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan perubahan karier. Menurut HBR, pekerjaan yang melibatkan banyak interaksi sosial seperti pekerjaan sosial, pemasaran dan penjualan, memiliki beberapa pekerja yang paling kesepian saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro