Jantung/Boldsky
Health

Ingin Jantung Sehat? Konsumsilah Kacang-kacangan

Newswire
Kamis, 5 April 2018 - 07:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jantung, adalah salah satu jenis penyakit mematikan di dunia termasuk di Indonesia. Karena itu, pola hidup sehat diimbau untuk dijalani agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Beberapa pola hidup sehat yang bisa dijalani semisal olahraga dan konsumsi makanan sehat.

Protein dari kacang-kacangan dan biji-bijian disebutkan dapat bermanfaat bagi jantung manusia, seperti terungkap dalam studi International Journal of Epidemiology.

Dari riset tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein dari kacang dan biji-bijian berkurang risikonya mengalami penyakit kardiovaskular sebanyak 40%.

"Sementara lemak makanan memengaruhi risiko penyakit kardiovaskular, protein juga mungkin memiliki efek yang penting dan sebagian besar diabaikan pada risiko," kata Gary Fraser, dari Loma Linda University di California seperti dikutip Antara.

Fraser mengatakan, ahli gizi terkadang memandang apa yang disebut "lemak jahat" dalam daging dan "lemak baik" dalam kacang dan biji sebagai agen penyebab munculnya masalah kardiovaskular.

Akibatnya, kacang dan biji secara tradisional termasuk dalam kategori "lemak baik". Padahal, dua makanan ini juga merupakan "protein yang baik" untuk kesehatan.

"Bukti baru ini menunjukkan gambaran lengkap efek biologis protein dalam makanan," kata dia.

Diet sehat dapat didasarkan juga pada sumber protein, lebih sedikit dari daging dan lebih banyak dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Demikian seperti dilansir Indian Express.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro