Wapres JK. /Antara
Health

BRAIN FLUSH : Wapres JK Sebut 6 dari 10 Menteri Berhasil Dirawat dr. Terawan

Newswire
Jumat, 6 April 2018 - 17:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden mengingatkan contoh keberhasilan metode perawatan kesehatan yang dijalankan dokter Terawan.

WapresJusuf Kalla, Jumat (6/4/2018), mengatakan 6 dari 10 menteri Indonesia berhasil dirawat oleh Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayor Jenderal TNI Terawan Adi Putranto.

"Ya tadi kami rapat kabinet, terbatas, ada 10 menteri. Saya tanya, ada berapa yang dirawat dr. Terawan, dan dari 10 (menteri) itu ada 6, termasuk saya," kata Jusuf Kalla usai menghadiri penyerahan bantuan di Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jakarta, Jumat.

Jusuf Kalla mengatakan metode penyembuhan yang dilakukan dr. Terawan lebih banyak manfaatnya, sehingga keputusan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberhentikan sementara kegiatan Terawan selama 12 bulan perlu dikaji ulang.

"Saya kira lebih banyak sekali orang yang mendapat manfaat. Pak Try (Sutrisno) itu termasuk orang yang dibantu tepat waktu oleh Pak Terawan," tambahnya.

Oleh karena itu, Wapres meminta IDI untuk mengkaji ulang pemberhentian Terawan sebagai anggota lembaga kedokteran Indonesia tersebut.

"Tidak begitu, tapi lebih baik di internal lab, dikaji dengan baik," ujarnya.

Mayjen CKM dr. Terawan Agus Putranto Sp.Rad(K) dijatuhi sanksi pemberhentian sementara sebagai anggota IDI oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) IDI karena diduga melakukan pelanggaran etik kedokteran dengan menerapkan metode Digital Subtraction Angiography (DSA) atau dikenal dengan "cuci otak" atau brain flush.

Terawan dinilai melanggar kode etik kedokteran karena mengobati pasien penderita gejala stroke atau stroke, karena dia adalah dokter spesialis radiologi, bukan spesialis penyakit syaraf.

Namun, metode yang dipelajari Terawan terbukti telah berhasil mengobati sejumlah pasien termasuk tokoh-tokoh politik di Tanah Air.

Beberapa tokoh yang pernah diobati Terawan antara lain mantan Wapres Try Sutrisno, Wapres Jusuf Kalla, Aburizal Bakrie, Prabowo Subianto dan Mahfud MD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro