Warga mencuci pakaian di depan rumah mereka di kawasan Bukti Duri, Jakarta, Jumat (28/8)./Antara
Fashion

Ini Tips Mencuci Pakaian Ramah Lingkungan

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 6 April 2018 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Cara mencuci busana dengan bahan delicate biasanya dengan tangan, mesin cuci rumah tangga dan dry cleaning. Pencucian dengan dry cleaning menggunakan tiga jenis bahan kimia untuk membersihkannya, salah satunya Perc yang bersifat toksik dan meninggalkan bau seperti minyak tanah pada pakaian.

Kho Tjin Hok, Lagoon Wet Cleaning Specialist/ Asia pacific, Electrolux Professional JQ Singapore mengatakan di beberapa negara seperti Amerika dan Eropa, penggunaan perc sudah dilarang.

“Di Singapura setiap karyawan laundry dry cleaning wajib melakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahunnya. Karena sisa residu Perc pada pakaian dapat membahayakan kesehatan,” katanya melalui keterangan tertulis dikutip Jumat (6/4/2018).

Kho Tjin Hok menambahkan terdapat tiga poin penting dalam memilih metode pencucian yakni apakah untuk mendapatkan pakaian bersih atau kotor, apakah kita peduli terhadap lingkungan, apakah kita sayang teradap keluarga yang menggunakan pakaian tersebut.

“ Itulah tiga pertanyaan penting dalam memilih teknologi pencucian pakaian. Dengan LAC, kami memberikan alternatif mencuci pakaian bahan delicate dengan wet cleaning, yang mencuci dengan halus mirip dengan pencucian tangan, aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan,” katanya.

Sementara itu, Presiden APPMI Poppy Dharsono menceritakan selama 40 tahun berpengalaman dalam hal busana, biasanya produk-produk pakaian yang terbuat dari bahan sutera selalu ada tulisan label “dry clean” .

“Pasti di bagian bawah ketiak, leher dan lainnya ada noda yang sulit hilang dan selalu tertinggal warna bedak sehingga cepat rusak, bolong, saya selalu menyikapinya dengan cara mencuci dengan tangan terlebih dahulu. Baru kemudian dikirim ke dry cleaning,” jelasnya.

Lama kelamaan, lanjutnya, kemudian dia mencuci sendiri menggunakan sabun khusus dan metode yang khusus pula. Setelah dicuci dengan tangan, kemudian dikeringkan, sebelum disetrika masukkan plastik lalu dimasukkan ke freezzer baru beberapa jam kemudian disetrika.

“Yang pasti dry cleaning tidak membersihkan dan tidak mengembalikan ke warna normal setelah beberapa kali dipakai,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro