Bank UOB Indonesia./Istimewa
Fashion

UOB dan Museum MACAN Kembangkan Pendidiikan Seni Budaya

Dika Irawan
Selasa, 10 April 2018 - 18:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - United Overseas Bank (UOB) mengumumkan kemitraan strategis dengan museum MACAN sebagai Major Education Partner. Kemitraan ini sekaligus mengukuhkan dukungan lintas sektor dalam bidang seni dan pendidikan yang berfokus pada pendidikan seni budaya khususnya di Jakarta dan sekitarnya.

Kevin Lam, Presiden Direktur PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) mengatakan, Filosofi bisnis UOB berpusat pada kontribusi sosial kepada masyarakat, dimana fokus utamanya adalah pada pengembangan bidang seni, pendidikan dan masa depan anak-anak yang lebih cerah.

“Kami percaya bahwa seni memiliki kekuatan untuk menginspirasi dan menghubungkan masyarakat. UOB mendukung Program Pendidikan Museum MACAN, termasuk UOB Children’s Art Space yang akan membantu membuka peluang bagi anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (10/4/2018). 

Sementara itu Aaron Seeto, Director of Museum MACAN mengatakan, pihaknya senang dengan dimulainya kemitraan Museum MACAN dengan UOB sebagai Major Education Partner. Pendidikan merupakan misi utama MACAN, dan hal ini sejalan dengan fokus tanggung jawab sosial UOB, yaitu seni, pendidikan, dan anak-anak.

“Melalui program dan dukungan dari mitra kami, kami akan terus menawarkan kesempatan kepada publik untuk memiliki akses dan menyelami dunia seni.”

Sejak Museum MACAN diresmikan pada November 2017, Children’s Art Space, sebuah ruang pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak di Museum, menampilkan karya yang dibuat khusus oleh seniman Indonesia Entang Wiharso.

Sebagai bagian dari kemitraan dengan UOB, setiap tahunnya UOB Children's Art Space akan menampilkan karyakarya artistik dua seniman muda Indonesia. Mengikuti karya Entang Wiharso yang bertema Floating Garden, karya artistik seniman berikutnya di UOB Children’s Art Space akan diumumkan segera.

Kemudian kemitraan UOB Museum MACAN Major Education mencakup kerjasama dalam berbagai program kegiatan antara lain, kunjungan sekolah ke museum. Setiap bulannya, Museum MACAN akan mengundang tiga hingga empat sekolah negeri di Jakarta dan sekitarnya, serta menyasar lebih dari 1.000 murid setiap tahunnya. Seluruh biaya pendukung kegiatan seperti transportasi, tiket masuk, serta konsumsi untuk murid-murid dan guru yang menemani akan ditanggung oleh penyelanggara.

Program School Outreach. Tim Pendidik Museum MACAN akan melakukan kunjungan reguler ke berbagai sekolah melalui pertemuan dengan guru pendidik dan kepala sekolah dengan tujuan memperkenalkan kurikulum MACAN dalam pendidikan seni sekolah tersebut.

MACAN Educators Forum. Pertemuan guru dua tahunan ini difasilitasi oleh Tim Pendidik Museum dan menjadi platform penting untuk sarana berdiskusi dalam mengajarkan mata pelajaran seni di sekolah. Program yang berfokus pada guru pengajar ini menyediakan akses ke kurator, seniman dan koleksi museum. Fasilitas ini tidak dipungut biaya dan terbuka untuk para pendidik di seluruh Indonesia.

Education Resource Kit. Museum ini menyediakan informasi khusus yang disesuaikan dengan pameran yang sedang berlangsung, dan dapat digunakan oleh para guru pendidik untuk mendukung kegiatan belajar mengajar yang positif bagi murid-muridnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro