Buah dan sayur/Istimewa
Health

93,5 % Penduduk Indonesia Konsumsi Sayur dan Buah di Bawah Standar

JIBI
Jumat, 13 April 2018 - 07:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak cara untuk mengonsumsi sayur dan buah. Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut masih sangat rendah.

Riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2010 menyebut masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayur dan buah. Tiga tahun kemudian, Riskesdas menemukan fakta 93,5 persen penduduk Indonesia berusia 10 tahun ke atas makan sayur dan buah di bawah standar porsi ideal.

"Padahal, sayur dan buah bagian penting dalam mewujudkan gizi seimbang. Jika bosan dengan buah potong misalnya, ada cara lain makan buah yang lebih menyenangkan. Anda bisa bikin smoothie atau jus. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dari buah dan sayur. Anda bisa membuat kombinasi jus dari sayur dan buah," terang Konsultan Gizi dan Pendiri Layanan Kesehatan serta Nutrisi Lagizi, Jansen Ongko.

Jansen mengingatkan, supaya smoothie dan jus yang dikonsumsi lebih bermanfaat, Anda perlu mengetahui jenis-jenis serta kandungan sayur dan buah yang cocok untuk dikonsumsi dalam bentuk smoothie maupun jus.

Dengan demikian, Anda bisa berkreasi membuat paduan buah dan sayur untuk menghindari bosan. Tak kalah penting, gunakan blender yang bisa menghancurkan es batu lebih cepat untuk menghasilkan smoothie segar sekaligus sempurna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro