Pengamat digital lifestyle Ben Soebiakto./Bisnis-Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Fashion

Tips Menggunakan Media Sosial ala Ben Seobiakto

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Kamis, 19 April 2018 - 07:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bermain media sosial memang seperti memainkan mata pedang, akan ada dampak positif dan dampak negatifnya.

Pengamat digital lifestyle Ben Soebiakto mengatakan begitu banyak hal-hal negatif yang bisa ditemukan di media sosial saat ini seperti kabar bohong atau hoaks, konten-konten rasisme, dan konten-konten yang memicu perpecahan bangsa.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar para pengguna media sosial lebih kritis terhadap informasi yang mereka dapatkan melalui media sosial.

"Anak Indonesia zaman sekarang ini harus kritis dan bijak dalam menyaring informasi di media sosial atau internet. Pilih konten-konten yang mendidik karena internet kan sudah unlimited, jadi harus lebih mencari konten-konten yang bermanfaat," ungkap Ben, Rabu (18/4/2018).

Dia juga meminta generasi muda untuk tidak mudah terpancing komentar-komentar negatif yang sering dilontarkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Intinya, jangan mudah terpancing dengan apa yang menjadi isu atau perpecahan ataupun apapun yang negatif dalam dunia konten di dunia digital. Lebih banyak menyaring informasi itu akan membuat kita bijak dalam menggunakan sosial media," tegas Ben.

Selain itu, sebagai generasi yang lebih melek teknologi, anak-anak muda justru memiliki peluang untuk memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk mendapatkan pemasukan dari kreasi atau konten yang positif.

Misalnya, menjual barang dagangan di media sosial, seperti melalui Instagram dan Facebook, atau bergabung menjadi seller di marketplace digital (e-commerce) yang sudah tersedia di Indonesia. Alternatif lainnya adalah dengan menjadi content creator atau selebgram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro