Health

10.000 Orang Ikut Kampanye Ayo Indonesia Bergerak

Mia Chitra Dinisari
Senin, 23 April 2018 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 10.000 orang di tujuh kota di Indonesia ikut dalam Acara Puncak kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ bersama yang digelar Anlene merk dari Fonterra Brands Indonesia.

Kampanye ini telah menggerakkan sejak diluncurkan di Yogyakarta dua minggu lalu untuk membuktikan masyarakat Indonesia aktif dan mampu bergerak lebih untuk melawan gaya hidup sedentari.

Dalam perayaan ini, Drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bergabung dengan 5.500 pencinta gaya hidup sehat dan aktif untuk menyambut pelari dan pesepeda yang telah melengkapi rute estafet Yogyakarta – Jakarta sejauh 600 KM melewati Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, serta Bogor sebelum akhirnya mencapai titik finish di Jakarta.

‘Ayo Indonesia Bergerak’ bertujuan untuk melawan gaya hidup sedentari, yang telah menjadi isu di Indonesia maupun seluruh dunia dan terbukti menjadi faktor penyebab meningkatnya penyakit tidak menular sekaligus mendukung program pemerintah yaitu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Rohini Behl, Technical Marketing Advisor, Fonterra Brands Indonesia, menyatakan, kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ adalah sebuah ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk melawan gaya hidup tidak aktif/sedentari. "Kampanye ini tidak hanya menginsipirasi dan mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih aktif, namun juga sebagai bentuk komitmen Fonterra dan Anlene dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang lebih kuat, lebih sehat, dan bahagia.” ujarnya di Jakarta.

“Kami sangat bangga dapat menyambut para peserta yang tergabung dalam estafet lari dan sepeda dari Yogyakarta ke Jakarta dan merayakan bersama masyarakat Jakarta. Mereka menunjukkan bahwa kita dapat melakukan lebih sehingga mengubah pendapat bahwa masyarakat Indonesia adalah masyarakat sedentari.”

Drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menyampaikan, berdasarkan Riskesdas 2013, sebanyak 24% penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari lebih dari 6 jam perhari. Hal ini mengkhawatirkan karena perilaku ini menjadi salah satu faktor penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia termasuk diantaranya adalah penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Merespon isu ini, pemerintah Indonesia menginisiasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dengan mempromosikan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, melakukan diet seimbang, dan memeriksakan kesehatan secara rutin.”

“Kami menilai isu ini sangat serius dan menyambut baik kolaborasi bersama seluruh pihak terkait untuk melawan sedentari. Oleh karena itu, kami mengapresiasi gerakan dari Fonterra Brands Indonesia yang telah menyemangati masyarakat Indonesia agar lebih aktif dan sehat,” tambah Drg. Kartini.

Dalam perjalanan dari Yogyakarta ke Jakarta, termasuk di Bandung, ‘Ayo Indonesia Bergerak’ juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik seperti: MoveMax Arena, Cooking Class, dan Fun Walk. ANLENE juga menggandeng figur publik yang dikenal sangat aktif yaitu Prisia Nasution dan Muhammad Fadli, yang dapat menginspirasi masyarakat untuk melawan gaya hidup sedentari.

Prisia Nasution, aktris dan penggiat olahraga, mengatakan, “Saya sangat bangga dapat menjadi bagian dari kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ dan mendukung sepenuhnya karena merefleksikan tujuan hidup saya secara pribadi untuk selalu aktif. Setiap orang menginginkan hidup sebaik mungkin, karena itu perlu mengimplementasikan aktivitas fisik dan melengkapinya dengan susu bernutrisi tinggi. Aktivitas fisik dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, tidak terkecuali sesibuk apa pun, dengan mengalokasikan 30 menit dengan latihan sederhana sekalipun.”

Muhammad Fadli, pesepeda dan penggiat olahraga, mengatakan, “Saya menyadari bahwa saya perlu melakukan aktivitas fisik untuk membuat saya tetap fit dan sehat, terlepas dari kecelakaan yang pernah saya alami beberapa waktu lalu. Saya percaya saya dapat melakukan lebih dari apa yang saya pikirkan. Saya mendukung penuh kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ karena ini merupakan langkah nyata dari ANLENE untuk membangkitkan kepedulian masyarakat perihal bahaya global akan gaya hidup sedentari. Mari berkomitmen melakukan aktivitas fisik rutin dan jaga kesehatan tulang, sendi, dan otot.”

Kunci untuk gaya hidup yang lebih sehat adalah dengan mempraktekkan olahraga rutin dan memilih pola makan yang sehat dan simbang. Sebagai bagian dari pola makan yang sehat seimbang, ANLENE dengan formulasi MoveMax mengandung gizi yang membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, sendi dan otot, karena ketiganya termasuk dalam sistem muskuloskeletal yang mampu membentuk postur tubuh yang baik, seimbang, dan aktif.

“Dengan bergerak aktif serta menjaga kesehatan, kekuatan dan fleksibilitas tulang, sendi, dan otot, kita telah melakukan langkah penting untuk melawan gaya hidup sedentari. Ayo Indonesia bergerak bersama ANLENE, karena kita bisa melakukan lebih untuk melawan gaya hidup sedentari #KarenaKitaLebih,” tutup Rohini Behl.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro