Ilustrasi/Istimewa
Health

Omron Indonesia Sabet Penghargaan Program Kemitraan Komunitas Global

Wike Dita Herlinda
Senin, 23 April 2018 - 18:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Omron Healthcare Indonesia, penyedia alat-alat kesehatan terkemuka, terutama alat monitor kesehatan jantung, berhasil mendapatkan Gold Award untuk kategori Best Community Program pada ajang 10th Global CSR Summit & Awards.

Penghargaan tersebut adalah penghargaan yang tertinggi dalam komunitas CSR dunia yang didukung oleh ratusan perusahaan dan profesional di seluruh dunia.

Penghargaan Best Community Program diberikan setiap tahun kepada organisasi atau perusahaan yang telah berhasil menerapkan program-program kemitraan komunitas yang berdampak pada pengentasan kemiskinan, peningkatan pendidikan, pengembangan bisnis atau kemitraan dengan komunitas.

“Kami berterima kasih kepada seluruh mitra kami yang telah mendukung program sosial kemasyarakatan kami. Omron Healthcare berkomitmen mewujudkan program Zero Events, yaitu sebuah inisiatif global untuk peningkatan kesehatan dengan cara melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah guna mengantisipasi dan mencegah serangan jantung atau stroke,” kata Yoshiaki Nishiyabu, Marketing Director PT Omron Healthcare Indonesia, Senin (23/4/2018).

Memonitor tekanan darah secara teratur adalah langkah penting pertama dalam pencegahan dan pengelolaan penyakit hipertensi. Inisiatif Zero Events mendukung visi kami yang lebih luas dalam menjawab masalah sosial melalui inovasi, yang berdasarkan pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan seluruh mitra dalam menyampaikan pesan ini kepada masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Mengingat jumlah populasi penduduk Indonesia yang besar, prevalensi penyakit hipertensi yang tinggi serta perubahan gaya hidup yang sangat cepat, Indonesia adalah kawasan yang penting bagi Omron Healthcare.

Sejak Omron Healthcare Indonesia mulai beroperasi, Perusahaan telah membina kemitraan dengan berbagai institusi kesehatan terkemuka di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran mengenai bahaya penyakit hipertensi.

Sejak 2007, Omron Healthcare Indonesia telah menjalin kemitraan dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI), yang merupakan lembaga non-profit terkemuka di Indonesia yang berfokus kepada peningkatan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit jantung.

Selain itu, sejak tahun 2013 Omron Healthcare Indonesia juga bermitra dengan Indonesian Society of Hypertension (InaSH), sebuah asosiasi para profesional di bidang kesehatan, dalam pengelolaan penyakit jantung.

Kemitraan jangka panjang Omron Healthcare dengan YJI telah secara sistematis membangun kesadaran akan kesehatan jantung.

Beberapa inisiatif Omron Healthcare Indonesia yang telah dilakukan antara lain menyelenggarakan berbagai diskusi kesehatan dan pemeriksaan tekanan darah bagi masyarakat Indonesia agar mereka menyadari bahwa pemeriksaan tekanan darah dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

Berbagai acara seperti World Heart Day dan World Hypertension Day yang dilakukan setiap tahun juga diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia dan telah mengikutsertakan jutaan masyarakat Indonesia.

Selain bermitra dengan YJI, Omron Healthcare Indonesia juga bekerja sama dengan InaSH untuk mendukung upaya-upaya komunitas kedokteran menyampaikan pesan bagi penderita hipertensi.

Pada 2017, Omron berpartisipasi dalam program May Measurement Month, yang merupakan program pemeriksaan tekanan darah dengan peserta paling banyak yang pernah dilakukan.

Omron Healthcare Indonesia menyumbangka lebih dari 20.000 alat pengukur tekanan darah digital kepada pusat-pusat pemeriksaan tekanan darah di seluruh dunia sebagai bagian dari partisipas dalam May Measurement Month yang mengukur tekana darah 25 juta orang di seluruh dunia.

Di Indonesia, Omron Healthcare Indonesia bekerja sama dengan InaSH untuk mengukur tekanan darah 1 juta orang di Indonesia. Data pemeriksaan yang diperoleh dari program ini akan menjadi hasil penting untuk membantu memformulasikan langkah-langkah untuk mengatasi hipertensi di Indonesia.

Omron Healthcare Indonesia juga bermitra dengan InaSH untuk meningkatkan kapabilitas para profesional kesehatan untuk merawat pasien hipertensi melalui program Omron Academy. Pada akhir 2017, Omron Healthcare menyelenggarakan program Omron Academy yang pertama di Asia Pasifik.

Omron Academy merupakan sebuah kerangka kurikulum yang dikembangkan bersama dengan British Hypertension Society (BHS), European Society of Hypertension (EHS) dan para peneliti lain di Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi bagi para profesional di bidang kesehatan.

Omron Healthcare mensponsori dokter spesialis kardiologi dan dokter spesialis neurologi dari InaSH untuk mengikuti program Omron Academy di Thailand. Dua dokter Indonesia tersebut mengikuti pelatihan menjadi “master trainers” dan belum lama ini berbagi pengetahuan dengan 75 dokter lainnya dalam pertemuan ilmiah InaSH ke-12 di Jakarta. Mereka juga akan melatih dokter-dokter lain di masa yang akan datang.

Program kemitraan Omron Healthcare dengan para mitra telah membuahkan hasil yang tercermin dalam meningkatnya penggunaan alat pengukur tekanan darah digital.

Omron Healthcare melihat peningkatan tren di kalangan masyarakat Indonesia untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara teratur, yang akan memberikan dampak positif dalam pengelolaan hipertensi di rumah.

Berdasarkan data Omron, permintaan konsumen akan alat pengukur tekanan darah digital di Indonesia meningkat dari 123.000 unit pada 2015 menjadi 181.000 unit pada 2017, meningkat sekitar 20% rata-rata setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro