Health

Penyebab Kematian Nomor Dua Bagi Wanita, Kanker Serviks Bisa Dicegah

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 25 April 2018 - 16:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kanker Serviks merupakan kanker penyebab kematian kedua terbesar bagi perempuan di Indonesia. Setiap tahunnya, sekitar 14 juta orang di dunia termasuk remaja terinfeksi virus HPV.

Guna menekan risiko kanker serviks, vaksinasi HPV merupakan upaya penyegahan primer dan merupakan investasi dan perlindungan kesehatan, khususnya remaja di masa depan secara optimal.

Ketua Umum Himpunan Onkologi dan Ginekologi (HOGI) Andrijono mengatakan melalui vaksinasi tersebut dapat mencegah perubahan sel serviks prakanker menjadi kanker serviks.

"Apalagi gejala memang susah dilihat, kita tak bisa tahu kalau tidak diperiksa. Bahkan dia malah tidak ada keluhan, sel kanker [serviks], itu hidup di dalam sel tubuh tanpa merusak sel dalam tubuh," katanya di Hongkong Caffe Menteng Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Berdasarkan data International Agency for Research Center, Globocan 2012, situasi kanker serviks di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan Kementerian Kesehatan mengungkapkan, setidaknya terdapat 15.000 kasus perempuan Indonesia terinveksi kanker serviks setiap tahunnya. Padahal, kanker serviks merupakan kanker yang dapat dicegah dengan vaksinasi.

Kanker ini sebagian besar disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual, yaitu human papillomavirus (HPV). Virus ini menyerang dengan cara menularkan infeksi pada perempuan melalui hubungan seksual atau kontak langsung dengan area genital, yang menyebabkan pertumbuhan sel abnormal pada mulut rahim atau serviks.

Untuk pencegahan dilakukan dengan vaksinasi yang biasanya dilakukan saat anak berusia 9-10 tahun. Pemberian vaksin pada anak usia 10-13 tahun adalah dua dosis, usia 16-18 tahun atau remaja akhir, diberikan 3 dosis. Adapun jarak vaksinasi 1-6 bulan antara masing-masing dosis penyuntikan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro