Pasta/today.com
Health

Konsumsi Karbohidrat Berlebih Dapat Memicu Percepatan Menopause

Newswire
Kamis, 3 Mei 2018 - 01:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebuah studi yang dilakukan salah satu universitas di Inggris menemukan adanya hubungan antara makanan dan masa seseorang mengalami menopause yang lebih cepat.

Dalam studi di Journal of Epidemiology & Community Health, peneliti dari School of Food Science and Nutrition di University of Leeds, Inggris menemukan bahwa setiap satu porsi karbohidrat berkorelasi dengan risiko menopause lebih cepat 1,5 tahun bagi perempuan.

Sementara itu, konsumsi setiap porsi harian ikan dan kacang polong segar bisa memperlambat menopause selama lebih dari 3 tahun. Konsumsi harian vitamin B-6 yang lebih tinggi dan seng juga dikaitkan dengan perlambatan masa menopause.

Dilansir dari Antara, Kamis (3/5/2018), ketika para peneliti membandingkan kelompok yang vegetarian dan yang mengonsumsi daging ditemukan bahwa konsumsi daging berhubungan dengan penundaan menopause selama 1 tahun.

Hasil tersebut diperoleh setelah tim peneliti memeriksa data yang tersedia dari survei terhadap lebih dari 35.000 perempuan yang berbasis di Inggris yang berusia antara 35-69 tahun.

Menggunakan data yang diambil dari kuesioner frekuensi makanan, tim peneliti dapat memperkirakan asupan harian dari 217 makanan yang dikonsumsi peserta. Dari semua perempuan, sebanyak 914 orang di antaranya mengalami menopause secara alami di usia 40-65 tahun.

Di antara perempuan yang tidak memiliki anak, asupan makanan berjenis unggas yang lebih tinggi berhubungan dengan menopause yang lebih lambat.

"Temuan kami menegaskan bahwa diet mungkin terkait dengan usia saat menopause. Usia pada menopause alami mungkin memiliki implikasi pada hasil kesehatan di masa depan," tutur Yashvee Dunneram, anggota tim peneliti tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro