Ilustrasi menopause/Istimewa
Health

Begini Cara Memperlambat Menopause

Newswire
Kamis, 3 Mei 2018 - 07:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi dalam Journal of Epidemiology & Community Health menemukan hubungan antara makanan dan masa seseorang mengalami menopause lebih cepat.

Dalam studi itu, peneliti dari School of Food Science and Nutrition di University of Leeds di Inggris, Yashvee Dunneram dan rekannya mengungkapkan bahwa setiap satu porsi karbohidrat, seperti pasta dan nasi, berkorelasi dengan risiko wanita mengalami menopause 1,5 tahun lebih cepat.

Sementara itu, konsumsi setiap porsi harian ikan dan kacang polong segar, seperti kacang polong dan kacang-kacangan, bisa memperlambat menopause lebih dari 3 tahun.

Disebutkan juga bahwa konsumsi harian yang lebih tinggi dari vitamin B-6 dan seng juga dikaitkan dengan perlambatan masa menopause.

Ketika membandingkan antara vegetarian dan mereka yang mengonsumsi daging, para peneliti menemukan bahwa konsumsi daging berhubungan dengan penundaan menopause selama 1 tahun.

Hasil ini diperoleh setelah para peneliti memeriksa data yang tersedia dari Studi Cohort Wanita Inggris - survei terhadap lebih dari 35.000 wanita yang berbasis di Inggris berusia antara 35 dan 69 tahun.

Menggunakan data yang diambil dari kuesioner frekuensi makanan, para peneliti dapat memperkirakan asupan harian dari 217 makanan yang dikonsumsi oleh peserta.

Dari semua wanita, 914 mengalami menopause secara alami antara usia 40 dan 65 tahun.

Di antara wanita yang tidak memiliki anak, asupan makanan berjenis unggas yang lebih tinggi berhubungan dengan menopause yang lebih lambat.

"Temuan kami menegaskan bahwa diet mungkin terkait dengan usia saat menopause . Usia pada menopause alami mungkin memiliki implikasi pada hasil kesehatan di masa depan," tutur Dunneram dan tim seperti dilansir Medical News Today.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro