Ilustrasi/Thenewspaperworks
Fashion

Penerbit-penerbit Buku dari Inggris Diundang ke Indonesia

Dika Irawan
Kamis, 3 Mei 2018 - 07:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - British Council mengundang sejumlah penerbit-penerbit dari Inggris ke Indonesia dalam program “Literature Visit”. Ada enam perwakilan penerbit dari Inggris yang diundang ke dua kota, Jakarta dan Makassar pada 30 April hingga 6 Mei 2018.

Di Makassar, rombongan penerbit akan meninjau berlangsungnya Makassar International Writers Festival pada 2-5 Mei 2018.

Di Jakarta, pada 1 Mei 2018, para penerbit mengunjungi rumah dan studio perupa Hanafi di Depok untuk bertemu dengan sejumlah penulis muda dan mengunjungi pameran arsip Pramoedya Ananta Toer di Dialogue, Kemang, Jakarta Selatan.

Pada 2 Mei, bertempat di Hotel Morrisey, mereka dipertemukan dengan para penerbit Indonesia dalam acara "speed dating" di mana dalam pertemuan itu, tidak hanya terjadi sharing session, namun juga penawaran karya-karya literasi Indonesia oleh penerbit-penerbit Indonesia.

Adam Pushkin, Director Arts & Creative Industries British Council Indonesia mengatakan, sangat gembira pihaknya bisa berkolaborasi dengan Komite Pelaksana Indonesia Market Focus di London Book Fair 2019 dan berharap untuk bekerja dengan mitra-mitra lainnya yang lebih luas baik di Inggris dan Indonesia.

“Karena itulah kunjungan awal ini merupakan permulaan brilian, memberikan kesempatan kepada penerbit-penerbit terkemuka di Inggris untuk mempelajari tentang budaya kepenulisan dan literasi Indonesia, mengidentifikasi kesempatan penerbitan, dan menciptakan kolaborasi baru. Tahun ini akan berjalan sangat menarik bagi kita,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/5/2018).

Pihak Bekraf sebagai perwakilan pemerintah dalam kerjasama dengan penyelenggara London Book Fair, menyambut positif kerjasama dengan British Council dalam mempromosikan keikutsertaan Indonesia sebagai Market Focus di London Book Fair 2019.

“Kami harapkan dengan kunjungan para penerbit Inggris ke sejumlah acara literasi di Indonesia seperti Makassar International Writers Festival, maka pihak penerbit dari Inggris bisa menyaksikan sendiri geliat kehidupan literasi di Indonesia,” ujar Boni Pudjianto, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Adapun partisipan dari penerbit-penerbit Inggris yang mengikuti program Literature Visit ini yaitu MacLehose Press, an imprint of Quercus, Portobello Books, an imprint of Granta Publications, Tilted Axis Press, Wrecking Ball Press, Oneworld Publications, Harvill Secker, an imprint of Penguin Random House, dan British Council UK8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro