Facial wajah/Istimewa
Fashion

5 Perawatan Ini Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Menstruasi

JIBI
Kamis, 3 Mei 2018 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada kalanya wanita tidak boleh sembarangan melakukan perawatan kecantikan, yaitu pada saat menstruasi.

Hal ini karena tubuh wanita mengalami perubahan tertentu saat dalam masa haid yang kemungkinan akan berpengaruh saat mendapatkan perawatan tertentu.

"Wanita mengalami tiga siklus hormon utama dalam satu bulan; estrogen, progesteron, dan testosteron, yang keseluruhannya memengaruhi kulit Anda secara berbeda," kata ahli kecantikan Erica Cerpa, seperti dilansir Refinery29.

Perubahan hormon ini dapat membuat perawatan kecantikan berdampak pada timbulnya jerawat atau gangguan lainnya. Berikut perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi.

1. Facial
Melakukan facial saat menstruasi bukan keputusan yang tepat. Karena saat haid, kulit sedang dalam kondisi sangat sensitif sehingga rentan berjerawat. Baiknya, lakukan facial sekitar dua minggu sebelum datangnya tamu bulanan ini.

2. Laser hair removal
Menyingkirkan bulu-bulu yang tak diinginkan dengan laser memang paling enak dan nyaman, tapi jangan dilakukan kalau sedang menstruasi. Saat menstruasi kulit sedang dalam kondisi sensitif, kulit bisa saja iritasi dan bahkan menjadi merah - merah karena tidak tahan dengan perwatana yang dilakukan.

3. Exfoliasi
Exfoliasi biasanya dilakukan 2 kali seminggu, tapi hindari jika Anda sedang menstruasi. Jika melakukannya saat sedang menstruasi bisa membuat kulit wajah iritasi dan merah - merah.

4. Waxing
Waxing juga sebaiknya tidak dilakukan saat sedang menstruasi. Tentu Anda tahu proses waxing lumayan menyakitkan. Terbayang jika melakukannya saat kulit sedang sangat sensitif. Bisa - bisa saat terkena panas lilin dan pengangkatan bulu - bulu yang tidak diinginkan, kulit menjadi seperti memar.

5. Hydrating mask
Tidak cuma jadi lebih sensitif, kulit wajah saat menstruasi juga memproduksi lebih banyak minyak. Maka hindari penggunaan hydrating mask jika tidak mau jerawat muncul lebih banyak. Lebih baik gunakan masker bebas minyak atau masker yang memiliki efek menenangkan dengan bahan seperti lidah buaya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro