Aktor dan komedian Bill Cosby bersama istrinya, Camille Cosby, tiba di pengadilan untuk menghadiri persidangan dugaan pelecehan seksual yang dilakukan sang aktor di Norristown, Pennsylvania, AS pada 12 Juni 2017./Reuters-Brendan McDermid
Entertainment

Bill Cosby dan Roman Polanski Dikeluarkan dari Organisasi Penyelenggara Piala Oscar

Annisa Margrit
Jumat, 4 Mei 2018 - 10:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bill Cosby dan Roman Polanski dikeluarkan dari keanggotaan US Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).

AMPAS, yang merupakan penyelenggara Piala Oscar, mengatakan langkah ini sesuai dengan standar yang ditetapkan organisasi itu, seperti dilansir BBC, Jumat (4/5/2018).

"Dewan AMPAS mendorong penerapan standar etika yang mewajibkan anggotanya untuk memegang teguh nilai-nilai AMPAS yang menghormati orang lain," demikian pernyataan resmi AMPAS.

Baik Cosby maupun Polanski belum memberikan komentar mengenai pemecatan ini.

Cosby, yang menjadi bintang utama The Cosby Show, didakwa melakukan pelecehan seksual pada bulan lalu. Aktor yang sekarang berusia 80 tahun itu diputus bersalah atas tiga pelecehan seksual, dengan kemungkinan hukuman penjara selama 10 tahun untuk tiap kasus.

Sementara itu, Polanski mengakui telah memperkosa seorang gadis berusia 13 tahun pada 1977. Sutradara film The Pianist ini sempat dipenjara selama 42 hari, tapi kemudian meninggalkan AS karena khawatir kesepakatan banding dalam kasus itu akan dikesampingkan.

Tahun lalu, Samantha Geimer yang menjadi korban Polanski mengungkapkan kepada pengadilan AS bahwa dia telah memaafkan sang sutradara dan ingin melanjutkan hidupnya. Namun, hal ini ditolak oleh pengadilan.

Polanski memiliki kewarganegaraan Prancis dan Polandia. Kedua negara itu telah menolak permintaan ekstradisi AS.

Sejak AMPAS berdiri 91 tahun lalu, hanya empat orang yang diketahui telah dikeluarkan dari organisasi tersebut. Selain Cosby dan Polanski, dua lainnya adalah aktor Carmine Caridi dan produser Harvey Weinstein.

Caridi dikeluarkan setelah mengirimkan video film yang belum ditayangkan kepada seorang teman, yang akhirnya viral di internet. Adapun Weinstein dikeluarkan karena berbagai kasus pelecehan seksual yang dilakukannya di industri perfilman Hollywood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro