Ilustrasi/Redbookmag
Health

Pasangan Berselingkuh, Solusinya? Maafkanlah, Jangan Cerai

Yoseph Pencawan
Sabtu, 12 Mei 2018 - 23:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perceraian akibat perselingkuhan kerap mewarnai kehidupan sosial dan kemudian akan menciptakan kondisi keluarga yang tidak baik bagi anak-anak.

Karena itu, Rahmi Dahnan, psikolog yang sehari-harinya bertuga di Kemang Medical Care, mengatakan dirinya selalu menyarankan hal yang perlu dilakukan setelah mengetahui pasangannya berselingkuh adalah memaafkan.

"Karena bila tidak demikian, maka ia akan selalu ingat dan mengungkit kesalahan pasangannya tersebut," tuturnya, Sabtu (12/5/2018).

Bila kondisi itu terjadi, lanjut dia, maka komunikasi akan menjadi buruk dan mudah memicu pertengkaran pada hari-hari berikutnya. Paa akhirnya, bila tidak suami maka istrilah yang akan memilih jalan cerai.

Namun memang hal ini akan menjadi sesuatu yang berat untuk dilakukan karena suami atau istri yang pasangannya berselingkuh akan berpikir mengapa harus dia yang memaafkan dan itu adalah kesalahan pasangannya.

Perlu diketahui, kata Rahmi Dahnan, berselingkuh bisa dilakukan baik oleh suami maupun istri sehingga sebaik apapun pasangan, keduanya tetap berpeluang melakukan kesalahan tersebut.

"Setinggi apapun iman suami, ia tetap bisa jatuh pada kondisi itu, begitu pun dengan istri."

Karena itu pada setiap kasus perselingkuhan yang ditangani, ia selalu meminta istri atau suami untuk memaafkan pasangannya. Namun, jika setelah memberikan pemaafan tetapi sang suami atau istri masih melakukan kesalahan yang sama, maka ia dapat mengambil keputusan untuk bercerai.

"Kalau masalah ini membuat istri atau suami merasa tidak nyaman atau malah bisa menjadi depresi, silahkan mengajukan perceraian."

Sikap memaafkan ini disarankan bukan saja kepada istri, tetapi juga suami, karena pria cenderung merasa lebih marah saat mengetahui istrinya selingkuh. Pria cenderung lebih marah saat mengetahui pasangannya berselingkuh karena merasa persoalan itu mengganggu harga dirinya.

Namun lebih dari itu, dia menyarankan sebaiknya suami-istri tidak memilih jalan perceraian, terlebih bagi mereka yang sudah memiliki keturunan. Dia meyakini anak dapat menjadi perekat bagi pasangan yang sedang mengalami persoalan hubungan yang serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro