Penyanyi asal Amerika Serikat Lauv beraksi dalam Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2018, di Jakarta, Minggu (4/3/2018)./JIBI-Nurul Hidayat
Musik

Festival Musik Jazz Hadir di 60 Titik di Indonesia

Eva Rianti
Selasa, 5 Juni 2018 - 12:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Banyaknya peminat musik jazz di Indonesia menjadi catatan tersendiri bagi perkembangan aliran musik populer tersebut. Hingga kini telah ada 60 festival jazz di seluruh Tanah Air. 

Pengamat musik Bens Leo mengatakan, tren musik jazz hingga saat ini semakin baik seiring dengan menjamurnya event-event musik jazz yang digelar.

“Sekarang festival musik jazz sudah ada di 60 titik di berbagai kota. Di setiap kotanya bisa ada 1—2 festival. Sementara untuk lingkup internasional, ada Java Jazz Festival yang rutin diadakan. Perkembangan musik jazz baik,” ujar Bens kepada Bisnis.

Menurut Bens, saat ini semakin banyak artis-artis indie yang berkarya sendiri dalam menciptakan lagu dan memainkan musik serta memiliki banyak penggemar. Inilah yang menjadi partnernya festival jazz sehingga selalu ramai penonton, terutama anak muda.

“Penyukanya mereka yang suka kualitas musik, makanya pemain-pemain jazz yang paling banyak yaitu anak-anak muda dari sekolah atau lembaga pendidikan musik. Itu yang menyebabkan anak-anak muda bermain dan membawa penggemarnya yang kebanyakan memang anak muda,” lanjutnya.

Di samping itu, banyaknya festival jazz yang diadakan di berbagai kota di Indonesia didorong oleh faktor mudahnya mengadakan festival musik jazz. Pasalnya, para musisi bermain musik tanpa harus berpikir masalah honor. Ini menyebabkan festival musik jazz lebih gampang diadakan dibandingkan dengan festival musik lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro