Ilustrasi/Reuters
Relationship

Menerima Pelecehan di Medsos Seperti Via Vallen, Begini Cara Mengatasinya

Newswire
Rabu, 6 Juni 2018 - 18:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyanyi dangdut Via Vallen baru saja mengalami pelecehan melalui sebuah pesan di media sosial Instagram pribadi miliknya. Hal tersebut diungkap Via dengan kembali mengunggah screenshot pesan yang diterimanya di Instagram Story miliknya pada Senin malam, 4 Juni 2018.

"I want u sign for me in my bedroom, wearing sexy clothes,” tulis pesan itu kepada Via, yang kabarnya dikirim pesepak bola Persija, Marko Simic.

Pesan yang cenderung mengarah mesum itu dilingkari dengan garis merah oleh Via dan di bawahnya ia mengungkapkan kekecewaannya terhadap pesan yang diterimanya itu. Penyanyi bernama asli Maulidia Octavia itu menyebut ia tidak pernah mengenal apalagi bertemu pria yang mengirim pesan itu kepadanya.

"Sebagai penyanyi, saya dipermalukan oleh pemain bola terkenal di negara saya sekarang. Saya bukan perempuan macam itu!!" tulis Via dalam bahasa Inggris pula di bawahnya.

Berkaca dari apa yang dialami Via, kita tentunya paham jika media sosial, selain berguna untuk alat komunikasi dan silaturahmi, memungkinkan terciptanya hal-hal negatif. Tidak jarang ada yang dengan mudahnya melakukan tindakan kurang sopan, bahkan cenderung mengarah ke pornografi.

Lalu apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti Via Vallen? Mengutip laman seeksocialmedia.com, berikut ini empat tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi pelecehan seperti itu.

#Abaikan
Memang pesan seperti itu bisa saja memancing emosi, tapi lebih baik mencoba mengabaikannya saja sebagai langkah pertama. Sebab, mengabaikan pesan memberi kemungkinan tidak adanya hal-hal lebih buruk lagi yang akan Anda terima dari si pengirim pesan. Dengan mengabaikan, si pengirim pesan akan diam sendiri dan mudah-mudahan bisa menyadari kesalahannya.

#Hapus dan blok
Jika dia mengatakan hal-hal negatif lewat kolom komentar, ada baiknya Anda langsung menghapus komentar tersebut. Pasalnya, jika ada yang melihat komentar negatif seperti itu, tidak menutup kemungkinan mengundang orang lain, dalam hal ini pengikut Anda, bereaksi. Terlebih jika Anda adalah orang yang terkenal atau selebgram yang mempunyai banyak pengikut, segera hapus sebelum dilihat banyak orang. Setelah itu, yang mungkin dilakukan ialah memblokir orang itu. Tidak ada salahnya memblokir orang-orang yang bertindak tidak baik dan memberi hal negatif kepada orang lain, bukan?

#Tanggapi
Namun, jika tidak tahan membalas pesan negatif yang ditujukan kepada Anda, disarankan Anda bisa menanggapi orang tersebut dengan sebaik mungkin. Pasalnya, komentar dan tanggapan yang Anda berikan menjadi kunci penting terhadap kelanjutan hal ini. Jangan sampai komentar atau respons Anda kemudian justru semakin memperburuk situasi ke arah negatif.

#Tawarkan permintaan maaf
Seberapa pun salahnya si pengirim pesan, ada baiknya Anda mencoba melakukan negosiasi sebelum membawanya ke ranah yang lebih besar, seperti pelaporan ke pihak berwajib. Anda bisa membalas pesan tersebut dan menanyakan si pengirim apa maksud dari pesan negatifnya. Anda bisa menyarankan dia meminta maaf untuk kesalahan yang dia lakukan dan menemukan solusi berdua. Namun, jika itu tetap tidak ditanggapi dengan baik, Anda lebih baik melaporkan tindakan tidak sopannya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro