Aneka buah kurma/Antara
Fashion

Ini Topik Yang Hangat Diperbincangkan oleh Netizen Sepanjang Ramadan

Dika Irawan
Minggu, 10 Juni 2018 - 02:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mobil merupakan moda transportasi yang paling banyak diperbincangkan oleh netizen untuk perjalanan mudik lebaran. Sementara kurma merupakan makanan yang paling populer sebagai menu berbuka puasa.

Sebanyak 37 % dari 91.614 percakapan di berbagai media sosial memperbincangkan mobil sebagai moda transportasi mudik. Preferensi ini disusul oleh perbincangan mudik menggunakan kereta 19 %, motor 17 %, bus 11 %, lalu kapal laut dan pesawat terbang masing-masing sebesar 8 dan 7 %. Demikian pemantauan sosial media yang dilakukan oleh perusahaan intellijen media, Isentia.

Dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/6/2018), menurut Rendy Ezra, Insight Manager Isentia, tren topik mudik menggunakan mobil salah satunya dilatarbelakangi oleh banyaknya program mudik gratis menggunakan mobil atau pun tawaran lainnya, seperti program bensin gratis, servis mobil gratis selama Ramadan, juga promo diskon mobil selama bulan puasa.

Sementara itu, sebanyak 41 % pengguna sosial media memilih kurma sebagai makanan untuk berbuka puasa. Gorengan menjadi favorit netizen berikutnya, yaitu sebanyak 37 %, diikuti oleh preferensi berbuka puasa dengan kolak 17 % dan lontong 5 %.

Kedua tren tersebut muncul berdasarkan hasil monitoring Isentia terhadap berbagai kanal media sosial dari rentang periode 1 Januari hingga 16 Mei 2018.

Twitter masih merupakan kanal media sosial yang paling banyak dipergunakan, yakni sebesar 68,5 persen, diikuti penggunaan berbagai forum 18,7 persen, serta Facebook dan Twitter yakni sebesar 7,2 persen dan 5,4 persen.

“Temuan ini bisa dijadikan sebagai acuan, khususnya bagi company untuk melakukan sebuah acara atau tema kegiatan mereka di bulan Ramadhan. Sebagai contoh, ada perusahaan yang membagikan 3 ton kurma selama bulan Ramadan ini kepada masyarakat sebagai bagian dari aksi korporasinya, ada pula yang membagikan takjil dan buah kurma untuk berbuka puasa, dan sebagainya,” kata Rendy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro