Dewi Perssik/Instagram
Health

Dewi Perssik 3 Kali Menikah dan Belum Punya Anak, 6 Faktor Berikut Penyebabnya

JIBI
Selasa, 12 Juni 2018 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyanyi dangdut Dewi Perssik diketahui sudah menikah tiga kali. Pada 2005 dia menikah dengan pedangdut Saiful Jamil, kemudian aktor Aldi Taher pada 2009, dan sekarang Dewi Perssik menikah dengan manajernya sendiri, Angga Wijaya.

Meski tiga kali menikah, sampai saat ini Dewi Perssik belum menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Di sebuah acara televisi, Dewi Perssik mengungkapkan alasan dia tak kunjung hamil dengan suami sebelumnya. Sampai di pernikahan ketiganya ini, perempuan yang biasa disapa Depe tersebut mengisyaratkan rencana panjang jika punya momongan.

Dewi Perssik menyinggung perihal keyakinan pada sosok pria yang akan menjadi ayah dari anak-anaknya.

Selain alasan yang disampaikan Dewi Perssik, ada berbagai penyebab perempuan belum punya buah hati. Mengutip laman Eliteday, setidaknya ada enam penyebab perempuan yang sudah menikah belum punya momongan.

1. Tidak bisa secara fisik
Data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC menunjukkan sekitar 6 persen perempuan yang sudah menikah dengan usia 15-44 tahun, tidak subur. Mereka belum juga hamil meski telah berhubungan intim dengan suami tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Ketidaksuburan pada perempuan bisa dipicu beberapa hal, misalnya usia, berat badan, konsumsi alkohol, merokok, stres, sampai gangguan hormonal.

2. Memang tidak mau
Punya anak atau tidak adalah pilihan setiap individu, dan pasangan tentunya. Beberapa perempuan secara pribadi atau bersama dengan pasangannya, sadar tidak mau memiliki anak karena berbagai alasan, misalnya mengejar karier, tekanan dari keluarga, dan berangkat dari kesadaran sosial. Jika ada pasangan yang memutuskan tidak mau punya anak, mungkin mereka berpikir hidup berdua saja sudah cukup. Bahkan mungkin mereka lebih tertarik mengasuh anak-anak terlantar ketimbang punya anak sendiri.

3. Repotnya mengurus anak
Ketika punya anak, seorang perempuan harus fokus mengurus buah hatinya. Komitmen mengurus anak ini harus konsisten sampai anak itu dewasa dan mungkin tak semua orang mampu menjalaninya. Selain itu, mengurus anak berarti harus memiliki kekuatan ekonomi karena banyak kebutuhan anak yang harus dipenuhi.

4. Tingkat kecerdasan
Penelitian dari London School of Economics menunjukkan ada hubungan antara kecerdasan dan keinginan untuk punya anak. Menurut Psikolog Evolusioner, Satoshi Kanazawa, dorongan seorang perempuan untuk menjadi ibu turun 25 persen untuk setiap penambahan IQ 15 poin. Sebagai catatan, perempuan yang telah mencapai tingkat pendidikan tinggi umumnya memilih tidak punya anak. Hanya, dalam hipotesis ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

5. Trauma dengan anak
Pengalaman traumatik dengan anak bisa membuat perempuan menolak anak. Anak yang memicu trauma belum tentu anak yang dia lahirkan. Bisa jadi keponakan, anak tetangga, atau siapa pun.

6. Pakai alat kontrasepsi
Ketika bisa mencapai kepuasan seksual dengan alat kontrasepsi, lantas kenapa ambil risiko dengan memiliki anak? Mungkin itu yang terlintas di dalam pikiran perempuan yang menolak punya anak. Toh, kalaupun ingin punya anak, tinggal berhenti menggunakan alat kontrasepsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro