Es krim/wisegeek.com
Health

Berikut 5 Makanan yang Bisa Kembalikan Energi Saat Puasa di Tengah Mudik

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 13 Juni 2018 - 13:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Di bulan suci Ramadhan ini, umat Muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Kita seringkali disarankan untuk berbuka dengan yang manis seperti buah-buahan atau aneka kudapan ringan.

Hidangan manis yang dikonsumsi saat berbuka puasa menjadi penting karena dapat membantu menggantikan kekurangan kadar gula dalam darah selama menjalankan ibadah puasa.

Dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick menjelaskan bahwa tubuh membutuhkan sumber energi yang dihasilkan dari asupan karbohidrat yang dikonversi menjadi gula oleh insulin. Tetapi juga perlu diketahui adanya batasan dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis, yaitu 5 % dari total jumlah asupan kalori.

Berikut adalah beberapa beberapa hidangan manis yang lezat untuk dikonsumsi pada saat berbuka:

1. Kolak

Hidangan manis yang satu ini paling sering dihidangkan dengan pisang di dalamnya. Tetapi tidak jarang ada yang menambahkan variasi buah kedalamnya seperti ubi, kelapa muda bahkan biji salak.

2. Cendol

Cendol merupakan minuman khas Sunda yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Disukai karena rasanya yang manis dan gurih, cendol seringkali menjadi pilihan untuk berbuka puasa.

3. Bubur Candil

Bubur candil terbuat dari tepung ketan yang direbus dengan gula merah dan disajikan dengan kuah santan.

4. Bubur Kacang Hijau

Bubur Kacang Hijau seringkali dijadikan hidangan pembuka puasa karena kadar asam amino yang tinggi, dapat menjadi alternatif sumber protein. Selain itu, rasanya yang manis dan khas juga menjadi nilai tambah.

5. Es Krim

Es krim dapat menjadi pilihan hidangan untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, efek dingin yang menyegarkan akan menggugah selera kita.

Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang nutritional scientist, menjelaskan bahwa tidak ada dampak negatif mengonsumsi es krim untuk berbuka puasa. Dari kandungan gizi, es krim mengandung gula, krim lemak dan protein susu, yang seperti makanan lainnya dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi selama berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro