Jus kentang
Health

10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

Azizah Nur Alfi
Rabu, 13 Juni 2018 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar dari Anda mengonsumsi kentang dengan cara digoreng dan dikukus. Namun, pernahkah Anda mengkonsumsi jus kentang mentah?

Jus kentang mengandung sejumlah nutrisi, termasuk vitamin B dan vitamin C, zat besi, kalsium, kalium, tembaga, dan fosfor. Jus kentang juga dapat membantu mengurangi refluks asam dan meredakan masalah perut lainnya.

Dikutip dari boldsky.com pada Rabu (13/6/2018), berikut alasan mengapa Anda harus minum jus kentang?

1. Mengandung vitamin B dan vitamin C

Kentang memiliki 100% dari cadangan diet yang direkomendasikan dari vitamin C. Vitamin C membantu tubuh dalam menyerap zat besi dan membentuk kolagen dalam pembuluh darah, tulang rawan, otot, dan tulang. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan dengan mengurangi iritasi dan mengurangi bengkak dari mata.

Di samping itu, jus kentang juga akan memberikan vitamin B lain seperti riboflavin dan vitamin B6, pada tubuh. Vitamin B diperlukan untuk membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang menyediakan energi. Vitamin ini juga mendukung fungsi otak dan sistem saraf, menjaga kesehatan hati, dan meningkatkan kesehatan rambut.

10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

2. Kaya Antioksidan dan Tinggi Potassium

Jus kentang kaya akan antioksidan dan fitokimia. Fitokimia dan antioksidan sangat penting untuk mencegah penyakit, mengurangi penuaan dini, dan mengendalikan peradangan. Lutein, zeaxanthin, dan violaxanthin adalah beberapa antioksidan yang ditemukan dalam kentang.

Di samping itu, kentang tinggi potasium, yang tiga kali lebih banyak dari jeruk. Jumlahnya sekitar 1.467 miligram per porsi kentang, sekitar 31% dari asupan yang direkomendasikan secara harian. Kalium bertindak sebagai elektrolit, yang membantu mengatur cairan tubuh Anda dan mendukung fungsi otot.

3. Meredakan arthritis

Jus kentang memiliki efek anti-inflamasi yang membantu dalam menghilangkan sebagian besar rasa sakit yang terkait dengan pembengkakan, peradangan, atau kemerahan. Meminum jus kentang akan membantu menyembuhkan arthritis dan nyeri sendi lainnya

10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

4. Perawatan untuk migran

Jus kentang juga digunakan dalam obat-obatan tradisional. Menggosok irisan jus kentang di dahi dan kuil mengurangi migrain, stres, dan rasa sakit.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Jus kentang mengandung sejumlah besar niacin. Vitamin ini membantu meningkatkan tingkat energi dan memastikan produksi oksigen dan nutrisi penting yang bermanfaat dalam sirkulasi darah ke berbagai organ tubuh, sehingga mempertahankan fungsi tubuh yang normal.

6. Membantu menurunkan berat badan

Banyak orang percaya bahwa makan kentang menyebabkan penambahan berat badan. Namun, ini tidak benar karena penelitian mengatakan bahwa jus kentang mentah membantu menurunkan berat badan.

Jus kentang mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan metabolisme. Di samping itu, meminumnya setelah makan menghambat pertumbuhan hormon kelaparan, sehingga dapat mencegah Anda makan berlebih dan menurunkan berat badan.

10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

7. Mengurangi risiko kanker dan menyembuhkan sakit maag

Sebuah penelitian membuktikan bahwa konsumsi jus kentang dapat mengurangi pembelahan sel kanker. Sebab, kentang mengandung senyawa kimia yang disebut glycoalkaloids, yang memiliki sifat anti-tumor. Oleh karena itu, minum jus kentang secara teratur akan mengurangi risiko terkena kanker

Di samping itu, kentang mengandung molekul antibakteri unik yang membantu menyembuhkan sakit maag dan bisul.

8. Menurunkan kolesterol

Kentang mengandung serat, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Nutrisi ini membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

10 Manfaat Jus Kentang untuk Kesehatan

9. Mengobati sembelit

Jus kentang mengandung sejumlah besar serat yang sangat berguna untuk menyembuhkan konstipasi dan membersihkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi segelas jus kentang dengan ampasnya membantu membersihkan saluran pencernaan.

10. Mengobati linu panggul

Linu panggul ditandai dengan rasa sakit yang mengerikan yang berasal dari daerah punggung bawah dan memancar ke bawah kaki. Jus kentang dianggap sebagai obat yang paling efektif untuk mengobati linu panggul. Ini akan mengurangi iritasi saraf dan membantu pergerakan tungkai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro