Ilustrasi/Imt.ie
Health

Ramadan Waktu Terbaik Berhenti Merokok. Sudahkah Anda Melakukannya?

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Juni 2018 - 14:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Merokok adalah pembunuh terbesar, bahkan lebih besar dari alkohol. Diperkirakan dalam lima tahun terakhir bahwa tingkat kematian karena merokok dua kali lebih banyak daripada karena alkohol.

Statistik menunjukkan bahwa 3 juta orang meninggal karena konsumsi alkohol, sedangkan 6 juta orang meninggal karena merokok.

Selain ini, banyak orang lain dalam hitungan jutaan mendapatkan penyakit paru-paru, kanker, kanker paru-paru, sirosis hati, penyakit koroner, kanker mulut, faring, dan laring dan penyakit jantung fatal lainnya, semua karena merokok.

Banyak orang yang berusaha berhenti merokok namun sulit melakukan. Dan Ramadan dianggap sebagai waktu terbaik bagi seorang perokok untuk melepaskan kebiasaan fatal ini.

Puasa dianggap wajib bagi semua Muslim dengan pengecualian bagi mereka yang menderita penyakit, ibu hamil, orang tua, orang yang bepergian, dan wanita yang sedang menstruasi.

Muslim menahan diri dari minum cairan apa pun, makan, merokok, atau terlibat dalam perilaku berdosa, kemarahan, ucapan palsu, hubungan seksual, dll dari fajar hingga senja. Ada makna yang lebih dalam bagi Ramadhan daripada puasa itu sendiri.

Ramadan menguji kemauan Anda ketika Anda mendapat kesempatan untuk melepaskan kecanduan. Dan tidak merokok selama 15 jam langsung tanpa makanan dan tanpa air adalah benar-benar ujian kemauan Anda.

Tetapi ini juga menunjukkan kepada Anda bahwa itu bukanlah sesuatu yang tidak dapat dilepaskan. Dan seperti kita semua tahu bahwa tidak mudah untuk berhenti merokok dengan sekaligus, sehingga momen Ramadan bisa membantu Anda mengurangi ketergantungan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro