Model memperagakan rancangan busana muslim saat pembukaaan Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia 2018 di Jakarta, Kamis (19/4/2018)./ANTARA-Wahyu Putro A
Fashion

Memajukan Fesyen dengan Fondasi Lingkungan

Asteria Desi Kartika Sari
Sabtu, 16 Juni 2018 - 09:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Desainer Dina Midiana selalu membawa konsep fesyen berkelanjutan dalam setiap rancanganya.

Dina menuturkan salah satu strategi untuk membuat industri kreatif lebih maju, khususnya fesyen adalah dengan berfondasi kepedulian lingkungan,sosial, dan lokal.

“Semangat itu yang harus di jaga,paling tidak melalui fesyen member kesadaran kepada masyarakat luas. Kalau kita hidup dengan kepedulian itu kita akan hidup lebih baik untuk masa depan dunia ini,” jelas Dina dikutip Jumat (15/6/2018).

Bagi Dina, sustainable juga dapat diartikan memperhatikan dampak lingkungan dan juga penghematan untuk menjaga siklus kehidupan. Oleh karena itu salah satu aksi nyata yang dilakukan Dinaadalah merancang busana dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa seperti perca maupun baju bekas yang di desain ulang menjadi busana yang baru dan modern untuk menghindari pemborosan bahan.

“Konsep sustainble sebenanya luas. Fesyen tidak mesti memakai bahan alam, pewarna alam, namun juga recycling,” katanya.

Untuk membangun kepedulian tersebut, dia akan bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan Becraft Kreatif Lap. Tahun ini, dia ingin memperkuat fondasi kepedulian lingkungan melalui fesyen.

“Sebenarnya ini tanggung jawab semua, dari atas sampai bawah, tua maupun muda. Namun yang paling penting bagaimana kesadaran dari diri sendiri mau bertanggung jawab kepada pemeliharaan itu muncul dari masyarakat dapat ditularkan melalui fesyen,” tambah Dina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro