Penjual melayani pembeli kue kering khas lebaran di pusat Kota Lhokseumawe, Aceh, Rabu (6/6). /Antara
Health

Cara Mencegah Penyakit yang Muncul Usai Makan Enak Saat Lebaran

Asteria Desi Kartika Sari
Sabtu, 16 Juni 2018 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Berbagai penyakit kronis umumnya cenderung kambuh setelah Lebaran. Sebagaimana diketahui budaya Lebaran adalah silahturahmi berkunjung kerumah sanak keluarga dan kerabat. Selama berkunjung ini biasanya mengonsumsi berbagai makanan dan minuman. Apalagi makanan dan minuman yang dikonsumsi lebih bervariasi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam memaparkan umumnya makanan dan minuman tersebut tinggi lemak, manis dan asin. Kue-kue manis dengan kalori tinggi.

"Kue biasanya dibuat dengan kuning telur yang banyak mengandung kolesterol tinggi, " kata Ari dikutip Sabtu (16/6/2018).

Selain itu, banyak hidangan Lebaran mengandung santan yang juga mengandung lemak.

"Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah tidak baik untuk kesehatan, " katanya.

Belum lagi, minuman bersoda atau minuman kaleng juga tidak dapat dihindari selama Lebaran. Dia mengatakan jika dikonsumsi oleh seseorang yang sudah mempunyai penyakit kronis, hal ini akan menyebabkan penyakit  kambuh.

"Pasien dengan penyakit kencing manis akan cenderung gula darahnya menjadi tidak terkontrol, "jelas Ari.

Selain itu, pasien dengan penyakit darah tinggi tekanan darahnya menjadi tidak terkontrol. Sementara, pasien dengan hiperkolesterol atau asam urat tinggi, kolesterol dan asam urat tingginya menjadi bertambah parah.

"Kalau pasien yang sudah obesitas dan jika saat berpuasa sudah mengalami penurunan berat badan sehabis Lebaran cenderung berat badannya kembali seperti sebelum puasa, dan jika makannya tidak terkontrol selama Lebaran bahkan berat badannya akan bertambah melonjak, "lanjutnya.

Ari membagikan 8 tip sehat mengantisipasi penyakit pasca-Lebaran.

1.Perhatikan makan dan minum terutama kualitas makanan dan minuman tersebut.

2.Perhatikan jumlah kalori dari makanan atau minum tersebut, camilan sekecil apapun kalau manis pasti mengandung kalori.

3.Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja, jika merasa camilan (kue Lebaran) dikonsumsi lebih banyak kurangi nasi saat makan besar.

4.Hindari camilan yang mengandung cokelat,keju dan berlemak. Lemak mempunyai kalori yang lebih besar 2 kali lebih dari karbohidrat.

5.Banyak minum lebih dari 2 liter per hari.

6.Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran diusahakan 5 servings saat makan pagi,siang dan malam dan disela-sela makan tersebut.

7.Tetap melakukan aktivitas olah raga atau bergerak, jika silahturahmi bisa dijangkau dengan berjalan usahakan lakukan dengan berjalan.

8.Usahakan tidur minimal 6 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro