Health

Daftar Kesalahan yang Kerap Anda Lakukan Saat Mandi

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 19 Juni 2018 - 12:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mandi adalah salah satu rutinitas harian penting yang kita lakukan sehari-hari. Mandi yang baik tak hanya membantu menjaga agar tubuh menjadi segar,  juga memainkan peran penting dalam menenangkan pikiran Anda.

Akan tetapi, pernahkah Anda berpikir ada kesalahan tertentu yang Anda lakukan saat mandi? Kesalahan-kesalahan ini dapat membawa kita pada masalah kesehatan yang serius.

Berikut adalah beberapa deretan tip mandi yang dapat Anda ikuti dari Boldsky:

1.     Jangan Mencuci Rambut Anda Setiap Hari

Mencuci rambut memang membuat rambut lebih bersih tetapi tidak setiap hari. Mencuci rambut setiap hari akan membuat kulit kepala Anda menjadi berminyak. Jadi, lebih baik mencuci tiga kali seminggu—maksimal—agar menjaga kesehatan kulit rambut.

2.     Bersihkan semua alat mandi yang Anda kenakan

Membersihkan semua alat mandi yang Anda kenakan akan sangat membantu agar Anda terhindar dari bahaya jamur dan bakteri di kemudian hari.

3.     Jangan mengeringkan badan Anda terlalu keras

Terkadang, sebagian dari kita sangat suka mengeringkan badan setelah mandi dengan menggosoknya secara keras. Hal tersebut tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Keringkan badan Anda dengan handuk secara perlahan dan lembut.

4.     Jangan gosok tubuh dengan scrub setiap hari

Memang, menggosok tubuh Anda dengan scrub setiap hari akan membuat kulit Anda semakin bersih dan terasa lebih lembut. Namun, melakukannya setiap hari dapat membuat Anda menjadi berminyak dan mudah terkena bakteri. Sebaiknya, lakukan hal ini dua atau tiga saja dalam seminggu.

5.     Gunakan pelembab tepat setelah mandi

Kebanyakan dari kita menggunakan pelembab sebelum tidur atau ketika akan bepergian namun hal tersebut ternyata salah. Langsung gunakan pelembab tepat setelah Anda mandi, itu akan membantu kulit terhidrasi lebih lama.

6.     Jangan terlalu lama berdiri dibawah pancuran air

Berdiri di bawah pancuran air terlalu lama adalah sesuatu yang kita sukai. Setelah hari yang panjang dan melelahkan, mandi memberi kita relaksasi baik untuk pikiran dan tubuh. Tetapi menurut para ahli tertentu, ada kemungkinan terjadi masalah kesehatan yang serius jika Anda berdiri di bawah pancuran air selama lebih dari 10 menit. Meskipun cukup menggoda untuk berdiri di bawah pancuran air dengan waktu yang lama, pastikan bahwa Anda menahan diri dari itu.

7.     Jangan mandi menggunakan air panas

Mandi dengan air panas dapat menghilangkan minyak esensial alami dari tubuh kita. Ini membuat tubuh Anda menjadi kering juga membuka pori-pori kulit, karena itu dapat menyebabkan masalah kulit lebih lanjut. Mandi dengan air yang terlalu panas juga dapat menyebabkan gatal dan membuat kulit Anda menjadi merah. Namun, Anda dapat menggunakan air hangat untuk mandi agar terhindar dari masalah yang disebutkan di atas. Solusinya, mandilah dengan air hangat dengan waktu maksimal 10 menit. Juga, pastikan bahwa Anda hanya menggunakan air hangat saat mandi. Sebaiknya selalu gunakan air biasa untuk mencuci rambut karena air hangat juga dapat merusak rambut Anda.

8.     Jangan menggunakan sabun terlalu banyak

Sabun dapat mengubah keseimbangan pH kulit ketika digunakan secara teratur dan dalam jumlah berlebih karena sabun kebanyakan terbuat dari bahan kimia. Jadi, disarankan untuk menggunakan sabun alami yang bebas bahan kimia atau mengurangi jumlah sabun yang Anda gunakan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro