Balap kuda Royal Ascot yang digelar Kerajaan Inggris./Istimewa
Entertainment

4 Hal Perlu Anda Tahu tentang Balap Kuda Royal Ascot

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 19 Juni 2018 - 13:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, Selasa (19/6/2018) Kerajaan Inggris mengadakan kembali perlombaan balapan kuda, Royal Ascot. Keluarga kerajaan pun tampil menawan pada acara tersebut, lalu apakah itu Royal Ascot?

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang  perlombaan ini, berikut rincian mengenai Royal Ascot yang didapatkan People dari Juliet Slot, Direktur Komersial di Royal Ascot:

1. Royal Ascot penuh dengan tradisi

Royal Ascot dimulai setelah tahun 1711, ketika Ratu Anne keluar dari Kastil Windsor ke lapangan tempat perlombaan yang saat ini berlangsung, dan berkata, "Ini akan menjadi tempat yang bagus untuk balapan," ungkap Juliet Slot.

Acara Royal Ascot pertama diadakan akhir 1711, dan berlanjut sejak saat itu. Tradisi yang hampir sama panjangnya dengan perlombaan itu sendiri adalah prosesi kerajaan, diperkenalkan pada 1825 oleh Raja George IV.

Prosesi ini adalah ketika Ratu Elizabeth dan tamunya masuk ke Ascot di sejumlah kereta Landau setiap hari tepat pada pukul dua siang. Kereta Ratu memimpin prosesi, dan tamu lainnya mengikuti di belakang. Hanya tamu undangan dari Ratu yang diberikan kursi di gerbong.

Prosesi kerajaan "tidak berubah dari tahun ke tahun," kata Slot.

Namun, semua hal tidak selalu sama di setiap aspek acara. Tahun lalu, mereka memperkenalkan kandang baru—Village Enclosure—kandang baru pertama yang diperkenalkan di Ascot dalam 109 tahun.

4 Hal  Perlu Anda Tahu tentang Balap Kuda Royal Ascot

2. Tempat parkir Royal Enclosure paling eksklusif

Masuk ke Royal Enclosure tidak menjamin Anda mendapatkan tempat parkir di banyak lampiran. Bahkan, Slot mengatakan ada daftar tunggu selama 100 tahun untuk mendapatkan salah satu tempat parkir yang didambakan. Mengapa? tidak hanya masalah kenyamanan semata, tetapi untuk faktor sosial juga. Sebelum memasuki balapan, tamu Royal Enclosure akan berkumpul di tempat parkir untuk piknik.

"Anda mungkin menemukan selebritas, dan anggota keluarga kerajaan yang berbeda dari seluruh dunia. Mereka  berpiknik di tempat parkir, sebelum  tiba dan datang ke Royal Meeting,” ungkap Slot.

4 Hal  Perlu Anda Tahu tentang Balap Kuda Royal Ascot

3. Ada dress code

Selama proses perencanaan acara, Perwakilan Yang Mulia, Johnny Weatherby, terus berkomunikasi dengan tim Ascot, menyampaikan rincian kembali kepada Ratu untuk memastikan dia memahami apa yang mereka lakukan dan mendapatkan pendapat sang Ratu tentang perubahan apa pun pada acara ini.

Alasan mengapa topi Ascot dikenakan adalah karena keluarga kerajaan menetapkan standar dan aturan untuk berpakaian “formal” yang pastinya mewajibkan tamu undangannya untuk mengenakan topi.

Slot mengatakan meskipun beberapa topi yang dikenakan oleh tamu-tamu terlihat sedikit ‘keterlaluan’, mereka—pihak kerajaan—tidak memaksakan hal tersebut namun mengenakan topi diharapkan dapat merangkul tradisi sambil tetap bergaya.

"Saya akan mengatakan bahwa kita memiliki topi kebaruan yang aneh, tetapi sebenarnya kita tidak mendorongnya. Kami ingin acara itu dianggap sangat stylish," ungkap Slot.

4 Hal  Perlu Anda Tahu tentang Balap Kuda Royal Ascot

4. Royal Ascot dipersiapkan secara matang

Slot mengatakan bahwa sebelum Royal Ascot dimulai, penyelenggara acara sudah bersiap untuk acara tahun depan.

Acara ini berlangsung selama lima hari, dengan total 30 balapan—enam balapan per hari—tiga ratus ribu orang ditargetkan dapat menghadiri Royal Ascot pada tahun ini. Tiket dijual mulai dari US$59 atau Rp826.000,- (Kurs: Rp14.000).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro