Abaya, busana muslim untuk wanita./Istimewa
Fashion

Tahun Depan, Desain Busana Muslim Akan Lebih Simpel

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 27 Juni 2018 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Asosiasi Perancang dan Penguasaha Mode Indonesia (APPMI) DKI Jakarta belum lama ini telah menyelenggarakan Ramadan Runway 2019.  Ajang itu diikuti oleh lebih dari 70 brand fashion guna memberikan referensi utama tren busana muslim Indonesia pada tahun depan. 

Ketua APPMI DKI Jakarta Rudy Chandra mengatakan penyelengaraan event tersebut memberikan warna penting dalam industri fashion Indonesia. Hal tersebut menggambarkan kreativitas dan semangat para desainer untuk memberikan hal yang terbaik kepada para pecinta fashion muslim.

“Dan sebagai referensi utama tren fashion muslim tahun depan, Ramadan Runway 2019 merupakan bagian penting dalam perjalanan Indonesia menuju kiblat fashion muslim dunia di tahun 2020 mendatang,” ujar Rudy melalui keterangan resmi dikutip Rabu (27/6/2018).

Selama penyelenggaraan acara tersebut, tercatat jumlah total transaksi mencapai Rp6,35 miliar dan berhasil meningkatkan trafik pengunjung mal hingga 51% daripada rata-rata jumlah pengunjung pada hari biasa. Omset tertinggi diraih oleh brand Batique dengan total penjualan Rp520 Juta. Ini menunjukkan antisiasme yang sangat tinggi dari pencinta mode tanah air.

Rudy menambahkan berkaca dari beragam koleksi yang ditampilkan pada Ramadan Runway 2019, pihaknya menilai tahun depan akan menikmati tren busana muslim dengan desain yang lebih simple, ringan dan dapat digunakan dalam berbagai kesempatan.

“ Material seperti organdy, chiffon, most crepe, cotton silk akan mudah ditemui dalam karya para desainer. Warna-warna yang memberi kesan sejuk akan mendominasi, begitu pula warna-warna basic, seperti hitam, putih, off-white, navy blue dan abu-abu,” jelasnya.

Dia memprediksikan sejumlah desainer yang berpartisipasi dalam Ramadan Runway 2019 harus mendapat perhatian penting dari para fashionistas, pasalnya sejumlah desainer memiliki kreativitas yang sangat kuat. Dia menngatakan seperti seperti Ariy Arka, Dana Duryatna dan Nita Seno Adjie.

Abee by Ariy Arka sering menampilkan sentuhan bordir dan karyanya selalu dinantikan oleh para pecinta fashion. Dana Duryatna memiliki konsumen setia yang selalu memilih desain busana-busana longgar dengan bahan-bahan print dari linen dan katun. Dan Nita Seno Adjie yang sering tampil di panggung fashion mancanegara sangat piawai memadukan desain modern dengan motif-motif tradisional.

Umumnya mereka tidak berusaha menonjolkan salah satu, modern atau tradisional. Harmoni dalam usaha menampilkan new look, mengikuti arus tren mode dan memberi sentuhan tradisi tanpa kehilangan ciri khas dari brand adalah tantangan tersendiri bagi para desainer. Inilah yang membuat karya setiap desainer unik dan selalu mendapat tempat di hati para pecinta fashion Indonesia yang multikultural.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro