Hidangan kakap merah/Istimewa
Health

Makan Ikan Dua Kali Seminggu Kurangi Risiko Sakit Jantung

Nancy Junita
Rabu, 27 Juni 2018 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sakit adalah hal yang tak bisa direncanakan. Penyakit itu dating kapan saja dan di mana saja Anda berada.

Penyakit juga tak memandang usia, jenis kelamin. Jadi, setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri, untuk sadar dan berupaya menjaga kesehatan agar tetap bebas penyakit selama mereka bisa.

Di sisi lain, ada beberapa penyakit yang terjadi secara tidak terduga, bahkan jika kita memiliki kebiasaan gaya hidup yang sehat.

Misalnya, kanker darah, yang dapat terjadi pada siapa saja kapan saja, bahkan jika mereka telah mempertahankan gaya hidup yang sehat.

Berbeda dengan penyakit jantung dan obesitas, yang pasti dapat dicegah jika kita memiliki kebiasaan gaya hidup sehat seperti diet seimbang, olahraga teratur. Jadi, ada beberapa makanan alami yang dapat mengurangi risiko serangan jantung ketika dikonsumsi secara teratur.

Apa itu Serangan Jantung?

Tubuh manusia terdiri dari sejumlah organ yang semuanya memiliki fungsi yang berbeda. Organ vital, yaitu paru-paru, jantung, otak, ginjal, dan hati, adalah organ tubuh yang paling penting, karena organ-organ ini menjalankan fungsi-fungsi utama. Bahkan kerusakan kecil pada organ-organ vital yang disebabkan oleh penyakit atau cedera dapat menyebabkan komplikasi kesehatan dan bahkan kematian.

Jantung adalah organ yang bertanggung jawab untuk menyaring karbondioksida dari darah dan memasok darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Serangan jantung adalah suatu kondisi jantung tiba-tiba berhenti memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh, karena penyebab seperti penyakit jantung, pembekuan darah, tingkat stres yang tinggi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi.

Ketika jantung berhenti memompa darah ke seluruh tubuh, itu bisa mengakibatkan ketidaksadaran, stroke, dan bahkan kematian. Jadi, serangan jantung adalah kondisi yang sangat berbahaya yang dapat merenggut nyawa orang dalam hitungan menit!

Ada perubahan gaya hidup positif tertentu seperti diet sehat, olahraga teratur, mengurangi stres, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Makan Ikan

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi ikan dua kali seminggu juga dapat mengurangi risiko serangan jantung pada manusia?

Jika Anda suka mengonsumsi ikan, ada beberapa berita baik! Para ahli baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi ikan dua kali seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung sampai batas yang signifikan.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menambahkan ikan ke dalam diet, setidaknya dua kali seminggu, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung. Pasalnya, ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin E.

Nutrisi ini memiliki kemampuan untuk mencegah pembentukan bekuan darah di arteri untuk memungkinkan aliran darah yang sehat ke jantung. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam ikan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol tinggi, sehingga menjaga jantung Anda sehat.

Jadi, mengonsumsi ikan dua kali seminggu pasti dapat mengurangi risiko serangan jantung pada manusia. Tapi, hal ini harus didukung dengan gaya hidup sehat. Misalnya, dalam mengolah makanan sebaiknya menggunakan bahan rendah lemak.

Jika Anda seorang vegetarian atau vegan yang tidak mengonsumsi ikan, maka, kapsul minyak ikan dapat diambil sebagai alternatif, setelah berbicara dengan dokter Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : www.boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro