Ilustrasi/Healthmeup
Health

Ini 5 Cara Ampuh Atasi Migrain

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 29 Juni 2018 - 06:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jika pernah mengalami migrain, maka Anda pasti tahu bagaimana serangan sakit kepala ini sangat menyiksa. Bahkan, migrain dikatakan sebagai salah satu jenis penyakit terburuk yang dapat mempengaruhi manusia, terutama karena penyebab dan perawatan untuk kondisi ini belum diketahui sampai sekarang.

Namun, bukan berarti migrain tidak dapat diatasi. Berikut adalah lima cara terampuh mengatasi migrain seperti dilansir dari Boldsky.com, Jumat (29/6/2018):

  1. Atasi dengan suplemen magnesium

Sejumlah orang yang menderita migrain memiliki kadar magnesium yang rendah dalam darah. Oleh karena itu, mengonsumsi magnesium dapat membantu mengurangi serangan migrain.

Konsumsi magnesium bisa didapatkan dari suplemen atau makanan seperti sayuran hijau, buah, dan kacang. Namun, asupan suplemen tentunya mesti dilakukan sesuai saran dokter. 

  1. Atasi dengan minyak esensial lavender

Cara lain untuk mengobati dan meredakan migrain adalah dengan menggunakan minyak esensial seperti lavender. Minyak esensial lavender diketahui dapat mematikan dan mengurangi nyeri migrain secara instan dan alami.

Berbagai studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menghirup aroma minyak esensial lavender akan lebih cepat merasakan reda pada migrain. Jadi, selalu simpan sebotol minyak esensial lavender untuk dihirup, jika Anda memang sering terserang migrain.

  1. Latihan peregangan badan

Kekakuan di leher dan punggung, postur tubuh yang buruk karena duduk terlalu lama di meja, mengetik berjam-jam di komputer, kurangnya aktivitas fisik, dan sebagainya dapat membuat Anda terserang migrain dan juga jenis sakit kepala lainnya.

Jadi, para ahli menyarankan bahwa melakukan latihan peregangan leher, bahu dan punggung, setiap  satu jam sekali di mana pun Anda berada. Hal ini akan membantu mengurangi sakit kepala akibat migrain dan jenis sakit kepala lainnya.

  1. Minum air yang cukup

Dehidrasi disebabkan karena tidak minum air yang cukup dalam sehari. Seperti diketahui, dehidrasi dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan seperti kelelahan, kekeringan, tekanan darah, dan bahkan sakit kepala.

Jadi, pastikan Anda minum setidaknya 2 liter air per hari, untuk menjauhkan Anda dari serangan migrain dan jenis sakit kepala lainnya.

  1. Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan olahan, makanan yang digoreng, makanan yang mengandung Genetically Modified Organism (GMO), makanan tinggi garam, lemak dan gula yang tidak sehat, dan lainnya lebih berisiko terkena migrain daripada orang yang mengonsumsi makanan sehat dan melakukan diet yang seimbang.

Jadi, sangat penting untuk Anda mengonsumsi makanan sehat jika ingin mencegah dan mengobati migrain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro