Heni Dwi Windawati (paling kiri) saat menjalani sidang terbuka promosi doktor di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok, Jumat 29 Juni 2018./JIBI-Yoseph Pencawan
Health

Cegah Pemasungan Penderita Skizofrenia, FIK UI Punya Model Rehabilitasi Terbaru

Yoseph Pencawan
Jumat, 29 Juni 2018 - 19:15
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia kini memiliki model rehabilitasi terbaru untuk mencegah terjadinya pemasungan kembali penderita skizofrenia.
 
Model rehabilitasi itu ditemukan melalui penelitian doktoral Heni Dewi dan dipertahankannya di depan sidang terbuka Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (FIK UI), Jumat (29/6/2018).
 
Menurut Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti, pada hari ini FIK UI menggelar sidang promosi doktor atas nama Heni Dwi Windarwati dengan disertasi berjudul Pelepasan Pasung Berbasis Masyarakat pada Orang dengan Skizofrenia.
 
"Disertasi Heni Dwi terfokus pada upaya kuratif dan rehabilitatif pada kasus pemasungan," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, penelitian ini secara spesifik mengeksplorasi sebuah model yang digunakan untuk melakukan pelepasan pasung berbasis masyarakat.
 
Kemudian untuk mencegah terjadinya pemasungan kembali, melalui kegiatan rehabilitasi yang belum pernah ditemukan oleh berbagai penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.
 
Hasil penelitian Heni Dwi menunjukkan bahwa model pelepasan pasung berbasis masyarakat pada ODS (Model Hedwin) efektif memengaruhi beberapa persoalan penting.
 
Yakni menurunkan gejala dan stigma, meningkatkan ketrampilan hidup serta mencegah terjadinya pemasungan kembali (repasung).
 
"Heni Dwi memberikan rekomendasi kepada Kementerian Kesehatan dan lembaga lintas sektor terkait, untuk dapat menggunakan hasil temuan ini,"
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro