Anak Sekolah. /Antara
Health

Usai Liburan, Ini 4 Kiat Mudah Agar Anak Bersemangat Sekolah

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Selasa, 3 Juli 2018 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --Tidak terasa libur sekolah akan segera berakhir. Setelah hampir 1 bulan anak-anak berlibur menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para orang tua untuk membantu anak-anak kembali ke rutinitas sekolah dan belajar seperti biasanya.

Kebiasaan anak saat liburan yang kerap  tidur lebih larut, memiliki jam bermain yang lebih panjang dan menonton televisi lebih lama dari hari-hari sekolah pun harus segera diubah kembali untuk memulai rutinitas anak siap dan semangat ke sekolah.

Berikut beberapa kiat praktis bagi para orang tua dari  Evelyn Yonathan, Senior Vice President Lazada;

1. Mulai Membaca Buku Terkait Pelajaran

Liburan bisa membuat anak Anda lupa akan pelajaran di sekolah. Untuk mengingatkan anak kembali akan pelajaran disarankan mulai menyelipkan beberapa buku edukasi ke dalam bacaannya saat liburan.

Buku edukasi yang menarik dan penuh gambar bisa membantu anak menyimak dengan senang. Orang tua bisa memilih beragam pilihan buku edukasi berdasarkan minat dan kesukaan anak.

Buku edukasi dengan gaya tulisan atau gambar bercerita juga bisa menjadi alternatif bacaan diwaktu malam sebelum anak Anda tidur.

2. Tidur Cukup dan Mulai Bangun Pagi

Mengembalikan jam tidur menjadi normal juga penting untuk membiasakan anak-anak menghadapi rutinitas bersekolah.

Dengan jumlah jam tidur yang cukup dan membiasakan kembali bangun pagi dan berkegiatan seperti mandi dan sarapan akan membuatnya merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari dan memulai harinya saat kembali ke sekolah nanti.

3. Bantu Anak Membuat Daftar Kegiatan Yang Dinanti Saat Sekolah

Selain mengingatkan untuk belajar, anak Anda juga akan semangat apabila diingatkan aktifitas yang dapat mereka lakukan di sekolah, terutama yang melibatkan teman-temannya.

Bantu mereka untuk menyusun daftar kegiatan yang bisa dilakukan setelah sekolah mulai. Selain itu coba untuk ajak anak Anda bertemu dan bermain dengan teman-teman baiknya di sekolah menjelang akhir liburannya. Sehingga dia akan mengingat betapa serunya rutinitas bersekolah bersama dengan temannya itu dan menanti saat sekolah dimulai dengan gembira.

4. Persiapkan Kebutuhan Sekolah Baru

Perlengkapan sekolah baru juga bisa menjadi hal yang membuat anak Anda semangat bersekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, alat tulis sampai aksesoris yang lucu dan imut dengan beraneka bentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro