Ilustrasi/obatmaag.org
Health

Sering Dikira Sakit Maag, Bisa Jadi Ada Pengkristalan Kantung Empedu

Yoseph Pencawan
Minggu, 8 Juli 2018 - 23:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada tubuh, empedu berfungsi untuk mencerna lemak dan untuk melakukan fungsi itu dengan sempurna, empedu yang dihasilkan oleh hati dibuat menjadi pekat di dalam kantung empedu.

Menurut Eko Priatno, Dokter Spesialis Bedah Konsultan Bedah Digestif di Rumah Sakit Pondok Indah, pada beberapa kasus, cairan empedu menjadi terlalu pekat hingga menjadi kristal yang keras.

"Karena proses pemekatan terjadi di kantung empedu, maka tak heran jika kristal banyak ditemukan di dalam kantung empedu," ungkapnya, Minggu (8/7/2018).

Terdapat beberapa hal yang memungkinkan terjadinya pengkristalan empedu. Seperti pemakaian terapi hormon pada wanita menopause, diet penurunan berat badan, kencing manis, diet tinggi lemak serta obesitas.

Selain itu, kelainan darah juga kata dia dapat menyebabkan terjadinya batu empedu. Fakta lainnya, wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami batu empedu (20 %) dibandingkan dengan pria (10%).

Saat mengalami batu empedu, jelasnya, penderita akan merasakan beberapa gejala. Yaitu nyeri hebat di perut kanan atas yang tembus ke belakang (kolik empedu), perut kembung, cepat kenyang dan mual (sering dikira sakit maag) dan nyeri perut kanan atas yang terus-menerus.

Kemudian terjadi juga demam (jika sudah terjadi peradangan pada kantung empedukolesistitis akut), mata dan kulit berwarna kuning serta kencing seperti teh (bila sudah ada penyumbatan pada saluran empedu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro