Obat tradisional atau jamu./Istimewa
Health

Melirik Potensi Pasar Jamu di Kancah Internasional

Dewi Andriani
Kamis, 12 Juli 2018 - 22:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tren ‘kembali ke alam’ gencar disuarakan dunia internasional, sehingga permintaan terhadap produk herbal kian meningkat, baik di negara maju maupun berkembang. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  2001 menyebutkan 50% - 75%  penduduk negara maju telah menggunakan pengobatan tradisional, termasuk obat-obat berbahan dasar alam.

Sementara itu, untuk negara berkembang seperti benua Afrika, Asia dan Amerika Latin, pemanfaatan penggunaan obat tadisional mencapai 80%. Bahkan 85% dokter di negeri Jepang tidak hanya meresepkan obat sintetis modern, tetapi juga obat herbal tradisional yang  ditanggung dalam asuransi.

Peluang ini tentu tidak disia-siakan oleh salah satu produsen jamu di Indonesia PT Jamu Air Mancur yang baru saja mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2015. Air Mancur telah memenuhi standardisasi produk dan layanan bertaraf internasional, dengan sistem manajemen mutu yang memastikan pedoman operasional terbaik untuk menghasilkan produk berkualitas bagi pasar dunia.

Aries Ikawati Arifah, Brand Manager PT. Jamu Air Mancur mengatakan dengan sertifikat ISO tersebut, Air Mancur siap lebih serius menggarap pasar internasional dengan membawa produk jamu sebagai obat alami warisan budaya Indonesia. 

“Produk kesehatan Air Mancur selama ini sudah kuat di beberapa negara Asean; seperti  Malaysia dan Brunei Darussalam. Ke depannya, kami akan lebih agresif lagi menembus pasar Afrika, Eropa, danTimur Tengah,” ujarnya.

Melihat potensi yang sangat besar untuk obat herbal sekaligus menjaga warisan budaya bangsa, maka Air Mancur berkomitmen menjadikan jamu sebagai produk identitas Indonesia yang berkualitas dan bisa diterima oleh masyarakat internasional. 

“Pentingnya kepuasan pelanggan memotivasi Air Mancur terus meningkatkan kemampuan untuk menyediakan produk warisan budaya berbahan dasar alam secara konsisten yang memenuhi kebutuhan pelanggan sesuai persyaratan hukum serta peraturan yang berlaku,” ungkap Muji Sarjono, General Manager HRD Air Mancur. 

Selain ISO 9001:2015, produk Air Mancur telah meraih sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) terlengkap di Indonesia serta sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia). Perusahaan yang berdiri sejak 1963 ini juga menerapkan standar GMP (Good Manufacturing Practice) untuk menjamin kebersihan seluruh rangkaian proses produksi hingga pengemasan yang dilakukan dengan mesin higienis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro