Buah Naga/Drgrub
Health

SUPERFOOD: Ternyata Buah Naga Miliki Banyak Sekali Manfaat. Tak Percaya? Ini Daftarnya

newswire
Minggu, 15 Juli 2018 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Buah naga yang tumbuh di daerah kering ternyata digolongkan sebagai superfood. Buah ini diyakini memiliki banyak sekali manfaat. 

Antioksidan, antikanker, serta antikolesterol jahat adalah beberapa manfaat buah yang kulitnya bersisik dengan warna merah muda. Saat dimakan, buah naga akan meninggalkan warna merah dibibir. 

Buah yang sudah matang akan terasa nikmat dan manis saat dikonsumsi.

Nah, di balik sensasi rasanya itu, buah naga ternyata memilihi sejumlah manfaat.

Berikut beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh seperti dilansir Medical Daily.

Anti-penuaan

Kandungan antioksidan dalam buah naga mampu menjaga kekecangan kulit dan melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Selain itu, buah yang tergolong buah-buahan tropis ini memiliki kandungan vitamin C yang kaya.

Praktisi gizi sekaligus pendiri Meehan Formulations, Kevin Meehan, mengatakan, salah satu kunci penting yang dibutuhkan sel-sel tubuh adalah fosfor dan phospolipid. Kedua zat ini dapat mencegah penuaan dini.

Mencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga juga mengandung karotein yang mampu mengurangi pertumbuhan jumlah tumor di tubuh. Tak hanya itu, kandungan likopen terutama dalam buah naga yang berwarna merah diketahui menurunkan risiko kanker prostat.

Hal ini seperti disebutkan sebuah studi dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention pada 2011 lalu. Studi itu memperlihatkan, asupan likopen kurang dari 2,4 mikrogram per hari bisa meningkatkan risiko kanker prostat.

Sementara asupan yang lebih tinggi baik dari buah-buahan, sayuran dan makanan yang kaya akan likopen ditambah aktivitas fisik secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker. Bukan hanya buah, kulit buah naga ternyata kaya akan polifenol yang bisa melindungi tubuh dari berbagai bentuk kanker

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Buah naga dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naga bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu, buah eksotik ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung.

Menstabilkan gula darah

Asupan tinggi serat dalam buah naga dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah seseorang, dengan menekan lonjakan gula darah.

Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga dapat melancarkan sistem pencernaan. Di samping itu, konsumsi buah tropis ini juga dapat membantu mengurangi konstipasi. "Mereka yang mengalami konstipasi (susah buang air besar atau sembelit) bisa mengambil manfaat jika mengonsumsi buah ini dalam menu diet mereka," kata Meehan.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Jumlah vitamin C yang tinggi dalam buah naga mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh, juga membantu menstimulasi antioksidan. Kandungan vitamin C, mineral, fitoalbumin juga mampu melawan radikal bebas. Selain itu, kandungan vitamin B1, B2, B3, kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin dan serat juga berkontribusi meningkatkan fungsi sistem daya tahan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : newswire
Editor : Saeno
Sumber : Harianjogja.com/Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro