Jemaah tengah berada di Mina, Arab Saudi, pada pelaksanaan ibadah haji 2017/Reuters-Suhaib Salem
Health

Pentingnya Jemaah Haji Lakukan Peregangan Tubuh di Pesawat

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Senin, 16 Juli 2018 - 09:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penerbangan yang cukup lama antara Indonesia-Arab Saudi tentu tidak hanya bisa membosankan, tapi juga membuat tubuh pegal, terutama bagi para jemaah haji yang sudah berusia lanjut.

Untuk itu, para jemaah haji dianjurkan untuk melakukan senam peregangan. Tujuannya, menyegarkan kembali tubuh yang lelah karena ada dalam posisi yang sama selama berjam-jam.

Tidak hanya di darat, senam peregangan juga dapat dilakukan di udara saat kita dalam pesawat.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eka Jusup Singka mengatakan senam peregangan di udara merupakan salah satu implementasi Gerakan Mayarakat Hidup Sehat (Germas) yaitu melakukan aktivitas fisik.

“Senam peregangan merupakan bagian dari Germas yaitu melakukan aktivitas fisik,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (16/7/2018).

Senam peregangan dapat dilakukan dengan mudah sambil tetap duduk. Gerakannya pun sederhana, yakni gerakan senam untuk kepala, pundak, tangan, pinggang dan kaki.

Salah satu dokter dari Tim Kuratif Rehabilitatif (TKR) yang akan bertugas untuk daerah kerja Bandara, Neta Margaretha, menyatakan bahwa senam peregangan di pesawat diperlukan untuk petugas seperti dirinya dan jemaah haji untuk menjaga tubuh tetap segar.

“Senam peregangan ini perlu supaya badan tetap segar dan tidak pegal, pinggang tidak kaku dan kaki tidak bengkak karena duduk terus,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro