Fashion

Mengintip Konsep Rumah Berbahan Pohon Bambu Lokal

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com,  JAKARTA - Bambulogy menawarkan inovasi yang memproduksi tanaman bambu sebagai pengganti bahan bangunan yang biasa dari kayu, beton dan lainnya.

Syamsurizal Munaf sebagai founder Bambulogy mengungkapkan bahwa Bambulogy menjadikan bambu asli indonesia menjadi istimewa dan berkelas. Selain mempunyai nilai arsitektur dan seni, Bambulogy juga meningkatkan kesadaran masyarakat mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan menjaga lingkungan hidup.

“Negara kita banyak sekali bambu dan bambu adalah jenis rumput. Bambu kami manfaatkan lewat bambulogy untuk membuat rumah dan rumah panggung dari bambu. Banyak daerah di Indonesia sangat kental dengan rumah panggungnya. Jika dulu bagian bawah rumah panggung bisa dimanfaatkan untuk menyimpan ternak, dengan rumah bambu kita, kita bisa memanfaatkan bagian bawah rumah utk parkir mobil atau untuk ruang tamu,” ujar Audhy Fernando selaku Direktur Utama PT Bambulogy Property Indonesia seperti dalam siaran persnya yang diterima Bisnis.com.

Audhy Fernando menambahkan, konsep Bambulogy memiliki keunggulan nilai arsitektur dan estetika dengan membudidayakan tanaman bambu untuk turut meningkatkan taraf hidup petani bambu melalui pemanfaatan bambu secara optimal menjadi bahan bangunan yang berkualitas.

“Bambulogy memiliki keunggulan teknis seperti ketahanan lentur yang tinggi, ketahanan terhadap gores, antirayap, tahan air dan tahan kebakaran. Selain itu, dapat di aplikasikan pada berbagai area baik interior maupun exterior. Jangan khawatir, untuk kekuatannya sudah diuji. Bambu ini bisa dipesan utk membuat rumah, jembatan, atau apapun sebagai penganti bahan kayu. Ini sangat ramah lingkungan,” papar Audhy Fernando.

Bambulog memang menggunakan salah satu sumber daya alam terbaik Indonesia, Bamboo. Bambu menghasilkan lebih banyak oksigen dan menyerap lebih banyak karbon dioksida daripada pohon. Dunia yang lebih sehat akan muncul jika ada lebih banyak bambu yang ditanam.

Bambu memiliki sistem akar yang tersebar luas serta kanopi yang menyelimuti, yang membuatnya menjadi penghalang air yang besar untuk mengendalikan erosi tanah. Konsumsi nitrogen yang tinggi dari bambu membantu mengurangi pencemaran air, dan akarnya sangat bagus untuk kualitas tanah.

Bambu memiliki potensi untuk mencapai tinggi dan ketebalan penuh dalam 3 hingga 4 tahun, dan siap dipanen secara berkelanjutan antara tahun ke-3 dan ke-7 dan dapat terus dipanen hingga 40 tahun. Dengan Bambulogy, alam dilindungi.

Kualitas estetika dari produk Bambulogy termasuk tingkatan yang secara eksklusif lebih tinggi. Bambulogy membawa nilai artistik tinggi yang menyaingi pola biji-bijian eksotis langka dan ketajaman permukaan premium dari spesies kayu keras tropis. Sifat-sifat seperti itu adalah intrinsik bagi spesies bambu Indonesia yang digunakan Bambulogy sebagai sumber seratnya. Spesies yang sangat indah dengan kualitas estetika yang bagus untuk membuat orang lain iri. Selain itu, produk Bambulogy memberikan sifat fisik yang jauh lebih unggul, stabilitas dimensi dan daya tahan dari kayu keras padat. Menciptakan seni yang bertahan sepanjang zaman, seni yang benar-benar tak lekang oleh waktu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro