Ilustrasi anak 'stunting' atau kerdil yang antara lain disebabkan kurang gizi./Istimewa
Health

Tak Semua Anak Pendek Tergolong ‘Stunting’

Newswire
Senin, 23 Juli 2018 - 14:55
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyayangkan banyak pihak yang salah paham dan salah mengartikan indikasi "stunting" atau masalah tinggi badan anak yang dikaitkan dengan asupan gizi.

Usai pencanangan bulan tumbuh kembang anak di salah satu hotel berbintang di Medan, Senin (23/7/2018), Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Aman Bakti Pulungan, SPA (K) mengatakan, stunting dan anak berbadan pendek itu dua hal yang berbeda.

Selama ini, orang yang selalu menyatakan seorang anak yang bertubuh pendek sebagai anak yang mengalami stunting tanpa memeriksa kondisi kesehatannya.

"Stunting ini sudah misinterpretasi," katanya didamping ketua IDAI Sumut Prof Munar Lubis, SPA (K).

Ia menjelaskan, ada dua syarat untuk menyebut anak sebagai orang yang mengalami stunting, yakni "malnutrisi" dan mengalami infeksi kronis. Oleh karena itu, tidak semua anak-anak yang bertubuh pendek dapat disebut mengalami stunting, karena bisa saja anak itu pintar dan sehat.

Ia mengategorikan anak bertubuh pendek dalam tiga kategori yakni pendek tapi gemuk, pendek tapi sehat, dan pendek tapi kurus. Penanganan stunting hanya dapat dilakukan kepada anak-anak yang bertubuh pendek dan kurus, bukan pendek tapi sehat dan pintar.

"Jadi, kalau ada anak sehat tapi tidak tinggi, jangan disebut stunting," katanya.

Menurut dia, penentuan dan penilaian terhadap kriteria stunting sangat diperlukan agar dokter tidak salah dalam memberikan penanganan medis. Kalau ada anak yang bertubuh pendek, tapi sehat dan pintar, lalu diberikan penanganan stutnting, anak tersebut justru akan mengalami gangguan kesehatan.

"Kalau salah pengertian, bisa salah penanganan. Nanti anak itu malah bisa obesitas dan hipertensi," ujar Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro