Ilustrasi/Webmd
Health

Ingin Anak Anda Bahagia? Inilah Kuncinya

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 27 Juli 2018 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Keterlibatan orang tua menjadi kunci dalam membantu anak tumbuh kembang secara optimal serta mencapai kebahagiaan.

Namun, berdasarkan temuan studi Nestle Lactogrow tercatat lebih dari 50% orang tua merasa belum cukup hadir dan terlibat dalam kegiatan bersama si kecil.

Brand Manager Nestle Lactogrow Gusti Kattani Maulani menjelaskan awal 2018 Nestle telah melakukan studi untuk mencari tahu arti kebahagiaan keluarga. Hasilnya ditemukan bahwa anak merasa bahagia saat bermain bersama orang tua, bahkan lebih bahagia dari ketika mereka bermain dengan adik atau kakaknya.

"Kami juga menemukan bagaimana para orang tua masih menemukan tantangan untuk menciptakan waktu berkualitas bersama keluarganya," kata Lani di Jakarta, Jumat (27/8/2018).

Dia melanjutkan, berdasarkan studi terhadap karakteristik kebahagiaan anak, kebanyakan orang tua juga hanya memperhatikan ciri-ciri fisik. "MisaInya saja saat anak menunjukkan ekspresi ceria dan aktif bergerak. " 

Padahal, menurut Myers & Diener (1995) kebahagiaan anak bukanlah kegembiraan sesaat saja melainkan lebih kepada rasa nyaman, aman dan diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.

Psikolog Elizabeth Santosa mengatakan kabahagiaan saat masa kanak-kanak memiliki pengaruh positif terhadap tumbuh kembang kognitif, nilai diri, social skill serta karakter anak saat dewasa.

"Begitu pun dengan tumbuh kembang aspek sosial-emosional, anak yang bahagia sejak kecil memiliki peluang lebih besar untuk menjadi individu yang memiliki emosi positif dan memiliki kepuasan hidup yang tinggi di masa dewasa kelak, " jelasnya.

Dia mengatakan kebahagian masa kanak-kanak telah diakui sebagai sumber faktor paling berpengaruh terhadap kebahagiaan saat dewasa jika dibandingkan dengan sumber kebahagiaan lain seperti keberhasilan akademik, jabatan pekerjaan ataupun kebahagiaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro