Ilustrasi tidur./Istimewa
Health

Selalu Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur? Perhatikan Hal-hal Ini!

Newswire
Selasa, 31 Juli 2018 - 11:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Apakah Anda sering menggunakan kipas angin? Meski efektif digunakan untuk menghalau panas, tapi alat elektronik ini tetap harus digunakan dengan hati-hati.

Pasalnya, kipas angin bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika kotor atau diletakkan terlalu dekat dengan tubuh.

Dr. Michael Benninger dari Head and Neck Institute di Cleveland Clinic, Ohio menyatakan selain bisa membantu menyejukkan udara, kipas angin juga menghasilkan suara dengan frekuensi yang dapat membantu orang tertidur.

Namun, jika terlalu sering terbangun dengan kondisi nyeri otot, maka sebaiknya jauhkan kipas angin dari posisi badan ketika tidur. Menurut Sleep Advisor, seperti dilansir dari Antara, Selasa (31/7/2018), kekakuan dan sakit otot bisa terjadi karena konsentrasi udara dingin pada bagian tubuh tertentu membuat otot menjadi tegang dan kram.

"Masalah ini umum bagi orang yang tidur dengan kipas di dekat wajah dan leher. Kalau bangun dengan leher kaku pada pagi hari, itu mungkin karena angin yang terus menerus," papar Sleep Advisor.

Orang yang kulitnya cenderung kering pun bisa semakin kering jika terus menerus terkena semburan udara. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan pelembab atau losion.

Kipas angin pun harus sering dibersihkan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Kipas yang kotor bisa jadi tidak hanya dipenuhi debu tapi juga tungau.

American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology (AAAAI) mengungkapkan tungau debu adalah pemicu alergi yang paling umum. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk selalu membersihkan kipas, karpet, dan tempat tidur.

Cara lain untuk mengatasi panas, terutama pada malam hari, adalah dengan mengenakan pakaian yang lebih tipis, menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan mandi sebelum tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : ANTARA
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro