Ilustrasi/Talkfeed.co.za
Health

Kualitas ASI Maksimal Jika Ibu Rileks dan Tidak Stres saat Menyusui

Dewi Andriani
Rabu, 1 Agustus 2018 - 17:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Dukungan secara emosional maupun psikologi memegang peranan penting untuk membantu kesuksesan seorang ibu dalam memberikan ASI (air susu ibu) ekslusif kepada buah hatinya. Dukungan tersebut tidak hanya dari keluarga, tetapi juga bisa datang dari berbagai pihak, termasuk dari lingkungan, dan sesama ibu yang memiliki pengalaman yang sama.

Dengan berbagi pengalaman, maka ibu akan mendapatkan berbagai solusi praktis dan emosional yang akan membantunya dalam menghadapi setiap kondisi selama masa menyusui.

Berdasarkan survei yang diselenggarakan Anmum pada 2017 lalu, banyak para ibu yang mengalami perubahan dan tantangan terutama saat pertama menjadi ibu. Misalnya stress, tertekan, dan berbagai masalah isu kesehatan selalu menyusui. Hal ini menyebabkan ibu gelisah sehingga butuh dukungan dari orang terdekat.

Oleh karena itulah, dalam rangka memperingati pekan ASI Sedunia pada tanggal 1 hingga 7 Agustus 2017, Anmum Indonesia meluncurkan platform online Anmum #MumtoMum yang memudahkan para ibu terkoneksi secara digital untuk saling berbagi informasi, mendiskusikan berbagai topic, dan menemukan hal baru mengenai perjalanan luar biasa di masa kehamilan dan menyusui. Hal ini untuk mendorong para ibu agar sukss menyusui dan meningkatkan kesehatan bayinya.

Di Indonesia angka pemberian ASI ekslusif tergolong masih rendah dibandingkan sejumlah ibu yang menyusui. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017 mencatat ASI ekslusif di Indonesia hanya sekitar 35%, di bawah rekomendasi WHO sebesar 50%.

Rohini Behl, Technical Marketing Advisor PT Fonterra Brands Indonesia mengatakan banyak sekali rintangan ibu menyusui di Indonesia, termasuk kurangnya dukungan keluarga, lingkungan, dan kesalahpahaman seputar menyusui yang perlu diluruskan.

“Sejumlah hal ini dapat menyebabkan turunnya atau terhentinya produksi ASI yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan bayi secara keseluruhan,” tuturnya.

Menurutnya, faktor nutrisi dan psikologis berperan penting dalam menyukseskan proses menyusui sehingga platform online #MumtoMum menjadi penting dalam memenuhi nutrisi dan sisi emosional. “MumtoMum memberikan dukungan emosional dan psikologis dari ibu untuk ibu selama perjalanan luar biasa mereka, termasuk menyusui,” ujarnya.

Hal ini dilakukan sebagai dukungan agar para ibu sukses menyusui secara ekslusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga dua tahun.

Sementara itu, Rinni Wulandari, penyanyi dan ibu dari bayi 5 bulan ini mengatakan dalam proses menyusui banyak tantangan yang harus dilalui, sehingga dukungan orang-orang sekitar menjadi penting untuk memacu terpenuhinya kebutuhan ASI ekslusif kepada anak.

“Semua ibu membutuhkan banyak dukungan emosional selama perjalanan keibuannya untuk dapat menajlankan peran mereka sebagai ibu sebaik mungkin. Dan saya yakin #MumtoMum dapat memberi dampak positif bagi semua ibu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro