Galeri Nasional/galeri-nasional.or.id
Show

Ini Tiga Karya Ikon Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan

Aprianus Doni Tolok
Rabu, 1 Agustus 2018 - 07:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan 2018 menyajikan tiga karya sebagai ikon atau tajuk utama.

Tiga karya itu adalah patung pemanah yang dibuat pada 1919 oleh perupa Rumania Zsiemond Kisfaludi Strobel, lukisan Raden Saleh "Perkelahian Dengan Singa" pada 1870, dan lukisan "Pemanah" yang dibuat Henk Ngantung pada 1944. Salah satu kurator pameran Watie Moerany mengungkapkan alasan dibalik pemilihan tiga karya tersebut sebagai ikon pameran.

"Tema pameran kali ini 'Indonesia Semangat Dunia' selaras dengan tema Asian Games 'Energy of Asia'. Jadi nilai-nilai seperti semangat, sportivitas, kerja sama, perjuangan dan sebagainya. Jadi kami mencari koleksi istana yang menggambarkan nilai-nilai itu dan dijadikan ikon," paparnya.

Menurut Menteri Sekretariat Negara Pratikno, tema pameran yang bersinggungan dengan Asian Games diharapkan energi yang sama akan mampu mengangkat karya seni Indonesia di mata dunia.

Sebanyak 45 karya lukisan, patung, dan seni kriya dari 34 seniman Indonesia dan mancanegara akan disajikan dalam pameran yang pertama kali diselenggarakan pada 2016. Karya-karya tersebut adalah koleksi dari lima istana yakni Istana Kepresidenan Jakarta, Istana Bogor, Istana Tampaksiring, Istana Yogyakarta, dan Istana Kepresidenan Cipanas.

Pameran ini akan berlangsung di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, mulai 3 - 31 Agustus 2018 dan dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 20.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro