Rinni Wulandari/Instagram
Entertainment

Rinni Wulandari Sempat Stres Saat Menyusui

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 Agustus 2018 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rinni Wulandari, penyanyi dan ibu dari Nord Kiano Julian, 5 bulan, mengaku sangat bahagia memiliki seorang anak.

Di tengah kebahagiaannya, ternyata jebolan Indonesian Idol ini juga sempat merasakan stres saat proses menyusui anaknya atau saat memberikan ASI.

Dia mengatakan hal itu terjadi ketika produksi ASI nya sempat terhambat dan bobot tubuh anaknya kurang dari yang disarankan dokter.

"Menjadi ibu untuk pertama kalinya adalah perjalanan yang luar biasa bagi saya. Banyak momen bahagia, sekaligus banyak tantangan. Salah satunya adalah saat menyusui dimana produksi ASI yang sempat terhambat karena tekanan pekerjaan sehari-hari padahal Nord masih dalam usia ASI eksklusif," cetita Rinni dalam peluncuran kampanye Anmum mum to mum di Jakarta. 

Berkat dukungan dari orang-orang di sekitar,  dan. tekad besanya dalam memberikan ASI akhirnya produksi ASI nya pun lumayan lancar saat ini. 

Dia mengatakan pada dasarnya semua ibu membutuhkan banyak dukungan emosional selama perjalanan keibuannya untuk dapat menjalankan peran mereka sebagai ibu sebaik mungkin.

Dia menceritakan karena tidak pernah ikut kelas menyusui dirinya tidak banyak mengerti soal prosesnya yang ideal.  Akibatnya,  ASI nya sulit keluar dan berat badan bayinya kurang dari yang seharusnya.
 
Akhirnya,  berbekal ilmu dari teman-temannya dia mulai melakukan massage payudara secara manual sehingga ASI nya mulai keluar lancar.
 
"Waktu itu sempat stres, pompa pake breastpun ga keluar. Diingetin suami dan keluarga untuk pelan-pelan dan adaptasi, akhrnya belajar massage payudara yang bener dan akhirnya menemukan cara yang tepat massage dengan tangan yang bisa bikin berat badan Nord naik cukup banyak, " ujarnya.   
 
Dia menjelaskan karena rasa stres hingga membuatnya membeli timbangan bayi untuk mengukur berat badan bayinya setiap hari. 
 
Selain karena pola menyusui,  faktor kelelahan juga menjadi penyebab ASI nya berkurang saat itu.  
 
Beratnya pengalaman itu, menurutnya tetap membuatnya senang saat menyusui. Pasalnya,  itulah momen bonding atau kedekatan dirinya dengan sang bayi.  
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro