Health

Pentingnya Dukungan Orang Tua untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Dewi Andriani
Kamis, 2 Agustus 2018 - 06:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pemenuhan kasih sayang dan rasa aman menjadi hal paling utama yang harus diberikan oleh para orang tua dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Sebab, orang tua berperan penting dalam menjaga dan menstimulus anak-anak tersebut. Bimbingan dan kehadiran orang tua merupakan hal yang paling berharga.

“Periksakan kondisi anak kepada ahlinya sejak dini ketika mengetahui bahwa anak memiliki kebutuhan khusus sehingga orang tua akan mengetahui dukungan dan hal apa saja yang perlu diberikan kepada anak. Pastikan bahwa orang tua telah memenuhi kebutuhan akan kasih sayang dan rasa aman kepada anak berkebutuhan khusus,” tutur Psikolog Anak dan Remaja dari Yayasan Pulih Giselle Tani Pratiwi

Selain itu, orang tua juga harus dapat menularkan sikap positif dan kepercayaan kepada anak atas kemampuan khusus yang dimilikinya. Dengan demikian, anak akan semakin percaya diri menggali dan mengembangkan kekuatan serta bakat yang dimiliki di tengah kondisinya tersebut

“Tanamkan sikap positif pada diri orang tua dan anak bahwa kondisi khusus anak tidak membuatnya terpuruk tetapi justru harus dicarikan tindakan dan bantuan terbaik sehingga anak bisa menjadi optimal dalam kondisi khususnya, dan mereka memiliki kesempatan mengembangkan diri yang pada akhirnya dapat membuatnya hidup mandiri,” jelas Giselle. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro