Pers conference Rising Fashion/bekraf.go.id
Fashion

Fesyen Indonesia Ramaikan Rising Merdeka Week 2018 di Singapura

Eva Rianti
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 15:59
Bagikan

Bisnis.om, JAKARTA – PerhelatanRising Merdeka Week 2018 berlangsung seru dan menarik banyak pengunjung. Rising Fashion yang merupakan bagian dari event tersebut menjadi salah satu daya tarik pengunjung.

Acara yang diselenggarakan di Paragon Mall Singapura dari 1 Agustus—31 Agustus 2018 tersebut menampilkan beragam brand fesyen Indonesia yang dipamerkan secara global.

Sebanyak 14 jenama asal Indonesia turut serta dalam kegiatan tersebut. Merek-merek tersebut adalah Purana, D.Tale, Nataoka, Hunting Fields, Maison Met, Pattent Goods, Oaksva Jewelery, Woodka, Bermock, Danjyo Hiyoji, Alexalexa, Saul, Jeffry Tan, dan Diniira.

Karya-karya mereka akan dipajang sepanjang event Rising Merdeka Week berlangsung.  

Kepala Badan Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengungkapkan rasa senangnya lantaran event kreatif yang melibatkan banyak pihak tersebut direspons positif oleh pasar Singapura.

“Ini menjadi salah satu sarana promosi produk fesyen Indonesia secara global. Apalagi Singapura menjadi salah satu pusat fesyen di Kawasan Asia. Singapura juga merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor produk fesyen Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi di website Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Sabtu (11/8/2018).

Anomali terhadap event tersebut dinilai cukup besar. Tercatat, hadir pada acara pembukaan sekitar 200 tamu undangan dan media yang mendapatkan kesempatan untuk melihat koleksi terbatas dari seluruh desainer yang khusus disiapkan untuk Rising Fashion

Selama satu bulan, kegiatan Rising Fashion 2018 diisi dengan trunk show, fashion networking session, buyers meeting, dan designers match-making, dan juga sesi belanja bersama bagi para pecinta mode dan diaspora Indonesia di Singapura.

Duta Besar Republik Indonesia I Gede Ngurah Swajaya mengaku percaya diri bahwa event ini akan mempererat  hubungan kedua negara.

“Selain mempererat hubungan dua negara, ini juga memperkuat peranan Indonesia dan Singapura sebagai pemain utama dunia mode dan fashion di dalam kerangka Masyarakat Ekonomi Asean,” tuturnya. 

Data Outlook Ekonomi Kreatif 2017 hasil kerja sama Bekraf-BPS menunjukkan kontribusi subsektor fesyen mencapai 54,54% (US$10,90 Miliar) terhadap total nilai ekspor sektor ekraf di 2015 dan merupakan subsektor dengan nilai pendapatan terbesar di 2016, yaitu Rp166 triliun atau berkontribusi sebesar 18,01% terhadap PDB Ekraf.

Rising Fashion adalah kegiatan berjenis pop up store yang pada mulanya diselenggarakan untuk memperingati momen 50 tahun hubungan bilateral Indonesia - Singapura pada tahun lalu.

Untuk itu, Bekraf dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura memberikan fasilitas dan dukungan kepada sejumlah pelaku kreatif subsektor fesyen lokal untuk dapat menampilkan produk unggulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro