Air Jordan
Fashion

Inspirasi Masa Lalu Untuk Sneakers

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 17 Agustus 2018 - 21:33
Bagikan

Tak semua sneaker yang menjadi tren saat ini benar-benar baru. Ada sepatu yang merupakan rilis seri lama, namun dengan warna, bahan, atau desain yang baru. Bahkan ada desain yang merupakan gabungan desain dan konsep lama dipadukan dengan teknologi modern sehingga menjadi ‘spesies’ baru.

Salah satu yang masuk kategori ini adalah Point of Deflection System atau P.O.D System dari adidas Originals. Sepatu ini dibuat berdasarkan konsep beberapa sepatu terdahulu, namun dipercanggih melalui bahan dan teknologi modern. Alhasil, sepatu tersebut kemudian menjadi sneaker untuk bergaya walau diturunkan dari sepatu lari.

Melalui keterangan resmi adidas disebutkan sistem tersebut memiliki prinsip desain bantalan tiga dimensi yang lebih unik. Pertama kalinya sistem tersebut tampak pada pertengahan 1990-an.

Sistem tersebut dirancang untuk memberikan manfaat bagi pelari, seperti menyediakan daya serap dan stabilitas di bagian luar tepatnya di titik benturan.

Melalui sepatu jenis ini adidas memberikan tiga inovasi, yakni dilengkapi dengan elemen EVA rebound untuk memberikan tolakan tenaga, tumit boost yang empuk untuk memberikan kenyamanan, serta panel point of deflection.

Inspirasi Masa Lalu Untuk Sneakers

Desain tersebut dirancang dengan tujuan menciptakan segmen khusus, dari sol sepatu disediakan bantalan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area. Alhasil, sepatu sneakers ini memberikan kenyamanan untuk tampil bergaya.

Sepatu seri ini juga dimaksudkan agar pemakainya bisa bergerak secara alami dengan mengadopsi desain modular. Oleh karena itu teknologi boost difokuskan pada area tumit, untuk mengarahkan tekanan kaki agar melangkah secara optimal.

Panel ‘Point of Deflection’ yang terinspirasi oleh torsion bar tahun 1990-an dan diterapkan pada seluruh area tengah kaki untuk memberi stabilitas dan fleksibilitas gerak. Jadinya, walau termasuk sepatu fesyen, seri ini akan terasa nyaman dipakai.

Belum lama ini, adidas Original juga menelurkan sneakers P.O.D-S3.1 dengan warna terbaru. Sepatu lari futuristis dengan warna total mulus. Desain sepatu tersebut mengambil konstruksi adaptif lapisan 3-stripes di atasnya, konstruksi sock-fit. Diperkokoh dengan panel fabric lace dan heel tab.

Semua dibuat di atas midsole terbelah yang unik, dengan EVA suportif di bagian kaki depan dan bantalan boost di bagian tumit, dihubungkan pada bagian kaki tengah yang terinspirasi dari sebuah torsion system.

Sentuhan akhirnya berupa outsole karet yang tahan lama dan detail-detail branding. Untuk rilisan terbaru ini, P.O.D-S3.1 akan hadir dalam dua warna yakni abu-abu dan lavender.

Melalui warna minimalisnya, setiap sepatu menjadikan bahasa desain unik yang semakin menonjol. Kali ini adidas memfokuskan pada gabungan desain penuh referensi dan teknologi kontemporer.

AIR JORDAN

Inspirasi Masa Lalu Untuk Sneakers

Selain adidas, Nike juga akan menghidupkan lagi sneaker Air Jordan 1 dengan meluncurkan edisi khusus ‘Sports Illustrated’. Seperti dikutip dalam laman Hotnewhiphop, varian ini mengambil inspirasi dari momen pertama wajah Michael Jordan yang kala itu menghiasi sampul majalah olahraga, di masa dia menjadi rookie dalam kompetisi NBA

Pada sampul majalah Sports Illustrated tahun 1984, terlihat gambar Jordan melompat untuk menjaringkan bola di tengah kepungan pemain klub Bucks, Milwaukee. Berangkat dari foto sampul itu, sneakers Air Jordan pun akan menggunakan warna-warna khas putih, hitam, dan merah, dari serangan Bulls, Chicago.

Menariknya, sepatu tersebut akan dibekali dengan swoosh rajut dengan kombinasi warna hijau berbingkai garis merah. Lambang Nike pada bagian samping sepatu itu ternyata mengambil inspirasi dari list bagian samping pada jersey para pemain Bucks yang mengawal Jordan dalam foto cover tersebut.

Sebagai tambahan, pada bagian dalam ‘collar’ di pergelangan kaki disematkan tulisan “A Star Is Born”, sama seperti kata-kata yang menghiasi sampul majalah. Termasuk, tersemat tulisan ‘Dec 10, 1984’, yang menjadi tanggal penerbitan majalah edisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro